Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Sosialisasikan DWH



Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Sosialisasikan DWH

87 Online News
Sabtu, 22 Juni 2019

Sukabumi - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Sukabumi gelar sosialisasi pemanfaatan data kependudukan dengan menggunakan data warehouse (DWH) oleh Perangkat Daerah dan Badan Hukum Indonesia di Kabupaten Sukabumi, bertempat di Hotel Anugrah Sukabumi. Kamis(20/6).

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah, H.Iyos Somantri.

Dalam laporannya Kepala Disdukcapil H Sopian Efendi menyampaikan bahwa Penyelenggaraan kegiatan ini adalah  bagian sosialisasi pemanfaatan data kependudukan dilingkungan pemerintah Kabupaten Sukabumi tahun 2019.

"kegiatan ini sudah diawali sejak tahun 2014 dengan memulai pendataan secara terpadu tentang data kependudukan dengan sistem yang disebut  "SIIDaKep" ungkapnya.

SIIDaKep adalah Sistem Informasi Integrasi Database Kependudukan Kabupaten Sukabumi.

"Apabila masyarakat mencari data terkait kependudukan maka data tersebut akan muncul, jadi sangat memudahkan," terangnya.

Dalam.kesmepatan tersebut Sekda yang hadir mewakili Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menjelaskan bahwa ketersediaan data memberikan banyak manfaat untuk kepentingan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, penegakan hukum serta pencegahan kriminal.

"  kita akan memanfaatkan data kependudukan melalui sistem  data warehouse (DWH), Sistem ini tentunya harus dimanfaatkan sebaik baiknya oleh seluruh perangkat daerah khususnya dan umumnya oleh masyarakat", Jelasnya.

Terkait optimalisasi layanan publik sekda menekankan layanan terbaik.

" kita harus memberikan yang terbaik dalam konteks pelayanan publik, hal tersebut harus di sikapi perangkat daerah dalam menjalani fungsi masing masing".

Berkenaan dengan  SIIDaKep, Sekda menyatakan bahwa  Pemerintah Daerah Sukabumi sangat mendukung Sistem layanan berbasis digital tersebut.

"Alhamdulilah SIIDaKep  sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari  Menpan RB,  saya juga pernah mewakili untuk menerima penghargaan tersebut" imbuhnya.

Tampak hadir Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil,  ketua TP PKK sekaligus ketua P2TP2A,  para kepalaPD dan tamu undangan. (DR)