Social Share

Breaking News

BPBD Kabupaten Sukabumi Rakor Penanganan Bencana

Sukabumi - Sekretaris Daerah H, Iyos Somantri menghadiri Rapat Koordinasi ( Rakor) yang diselenggarakan oleh BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi di Aula Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Kamis (20/6).

Rakor ini dilaksanakan untuk membahas masa transisi penanganan bencana pergerakan tanah di wilayah Kecamatan Nyalindung.

Kepala Pelaksana BPBD Asep Suherman menjelaskan bahwa Rakor ini membahas beberapa masalah, salah satunya pengelolaan panitia lokal.

" saat ini kita sudah melakukan koordinasi dengan para korban terdampak untuk di relokasikan ke hunian sementara (huntara) akan tetapi kita tidak berlepas tangan dan berupaya mencari membantu ketersediaan stok pangan, kita juga sedang mencari dan memepersiapkan relawan tenaga kesehatan dan pendidikan," terangnya.

Terkait masalah percepatan, BPBD mengacu kepada hasil kajian geologi, untuk menentukan titik lokasi aman.

Sementara itu Sekda menjelaskan Pemerintah Daerah akan memfasilitasi pengadaan Huntara dan memperpanjang masa transisi darurat.

"pemerintah mengevaluasi pembangunan Huntara sehingga kami pandang perlu memperpanjang masa transisi darurat yakni di tambah  dua bulan kedepan tepatnya sampai tanggal 21 Agustus 2019, untuk itu kita juga akan mempasilitasi penyelenggaraan huntara tersebut" ungkapnya.

Sekda juga menekankan Pemerintah Daerah sedang mendalami dan mengupayakan fasilitasi Huntara.

" untuk huntara sepertinya fasiliatasi dari APBD  tidak ke pusat, kalau Huntap (Hunian Tetap)  kita melakukan koordinasi dengan pusat".

Sekda juga meminta Dinas Perkim untuk segera menghitung nilai yang di butuhkan untuk fasilitasi Huntara tersebut serta memberikan dukungan sektor lainnya sepsrti fasilitasi bidang Kesehatan, pendidikan dan sarana prasarana air bersih.

"kami akan berusaha mempasilitasi kebutuhan masyarakat, mudah mudahan situasi dan kondisinya segera pulih,"pungkasnya.

Tampak hadir pada acara tersebut unsur Dinas Sosial, BNPB, Dinas Pendidikan, IDI PMI, Tni, Polri serta Camat Nyalindung, Kepala Desa Kertaangsana dan tamu undangan. (DR)

Tidak ada komentar