Header Ads

Sampah Menjadi Ladang Usaha Yang Ramah Lingkungan

PASAMAN BARAT - Kesatuan Masyarakat Madani Indonesia (KMMI) mendapat kesempatan memenuhi undangan kegiatan seminar yang bertajuk "Pemanfaatan Biomass dan Sampah Untuk Peningkatan Daya Saing Pertanian" yang di prakarsai oleh Kementrian Pertanian, bertempat di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat Jalan Soekarno Hatta, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, Selasa (09/04/19).

Hadir dalam acara ini diantaranya, Staf Ahli Mentri Pertanian Bidang Pengembangan Bio Industri Ir.Bambang,MM, Bupati Pasaman Barat,  perwakilan dari BPTP , Dekan fak Pertanian Univ Andalas, Ketua DPRD komisi 2 kab.Pasaman Barat, Unsur pimpinan daerah setempat serta tokoh masyarakat dan narasumber sekaligus pembicara DR. Ir Ishenny Mohd Noor M.Eng.SC yang merupakan putra terbaik Indonesia yang sudah 20 tahun menjadi dosen di Universitas Malaysia, juga beberapa negara di Eropa serta Amerika.

Ketum KMMI Ir.Hj Chairum Rahmi menuturkan, KMMI sangat antusias dengan kegiatan ini, terlebih dihadiri langsung DR. Ir Ishenny Mohd Noor M.Eng.SC yang menciptakan mesin pengelola sampah, dari limbah apapun bisa di hancurkan juga bisa dipisah-pisahkan sesuai kebutuhan.

"Keberadaan mesin ini semoga bisa dimiliki oleh setiap kelurahan atau Desa, dengan mesin yang berkapasitas 5 ton dalam waktu kerja 24 jam. Mesin ini dapat menghancurkan sampah yang bertumpuk dan hasilnya bisa berupa pupuk organik sebagai pengganti pestisida," tuturnya.

Ia berharap, pencipta mesin karbon Dr.Ishenny Gen 3  ini bisa mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk bisa mendemokan alat ini di penampungan sampah terbesar yang berada di Bantar Gebang Bekasi dalam waktu dekat ini.(D2N)