Breaking News

Yasti Soepredjo Harapkan BIG Bisa Mempermudah Akses dan Pemetaan Di Wilayah

KAB.BOGOR - Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah melakukan penanda tanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama, bertempat di Aula Utama BIG, Jalan Raya Jakarta - Bogor KM 46, Cibinong, Kamis (21/2/2019).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, puluhan kepala daerah se-Indonesia, salah satunya adalah Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow sebagai Bupati Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

"Melalui BIG kita bisa dengan mudah mengakses semua kebutuhan seperti akses wilayah, pemberian nama jalan, kami juga di daerah Bolaang sudah bekerja dengan BIG ini yang terkait dengan semua yang berhubungan seperti ruas jalan berapa kilometernya pasti akan lebih akurat," tutur Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow sebagai Bupati Bolaang Mongondow Sulawesi Utara.

Menurutnya, jika menggunakan akses google map masih sering tersasar atau tidak sampai tujuan yang kita kehendaki. "Nah setelah kerjasama dengan BIG ini, diharapkan kedepan akan lebih mempermudah semua akses untuk baik pemerintah maupun masyarakat. BIG ini sangat bermanfaat khususnya dalam pemetaan serta inplementasinya," sambungnya.

Lanjutnya Yasti, terkait dengan adanya instruksi dari BIG Pusat, bahwa harus dibentuk BIG disetiap daerah, sudah pasti pihaknya akan menyesuaikan dengan daerah.

"Tetapi, kalau sekiranya hasil data dan pemetaan dari pusat sudah terpenuhi untuk di setiap daerah, saya kira kita tidak perlu lagi untuk pembentukan BIG di setiap daerahnya kalau hanya sifatnya temporary," tukasnya.

Badan Informasi Geospasial (BIG) yang sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) merupakan lembaga pemerintah non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan dibidang informasi geospasial.

Dalam Pasal 3 ayat 1 UU. No. 4/2011 disebutkan, Data Geospasial (DG) adalah data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran,dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi. 

Sedang Informasi Geospasial (IG) adalah DG yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.(D2n)

Tidak ada komentar