Usmar Hariman : Pencak Silat Harus Go To Campus

KOTABOGOR - Acara Festival Pencak Silat Seni Tradisi Terbuka Botani Square Cup VII 2019 resmi dibuka, bertempat di Mall Botani Square Atrium Lantai 2, Jalan Padjajaran, Kota Bogor, Jumat (22/2/19).

Sekretaris Jenderal Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana Indonesia, Drs, HM, Helmi Sutikno dalam sambutannya mengatakan bahwa wahana silat tradisi ini di gagas langsung oleh Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana.

"Event ini di laksanakan 3 hari tanggal yaitu sejak tanggal 22 hingga 24 Februari, dengan 57 perguruan silat yang diikuti oleh 451 orang peserta.

Mantan wakil Walikota Bogor, Ir. Usmar Hariman turut hadir dalam kegiatan ini. Ia berharap, demgan adanya event ini bisa membuat generasi muda menjadi semangat kembali untuk memelihara nilai-nilai budaya yang semakin lama tergeser oleh budaya asing.

"Kami ingin mencoba bagaimana kalau pencak silat go to kampus, untuk mensosialisasi kebudayaan dalam akademis belum ada. Untuk mempertahankan nilai-nilai sisi akademis, ada sisi ilmiahnya, sehingga mampu kita lestarikan secara baik," ungkap Usmar dalam sambutannya.

Menurutnya di era teknologi ini, kesenian-kesenian tradisional sudah tergerus oleh budaya luar, dan malah di negara lain mereka menikmati seni pencak silat dari seni olah badannya, untuk kesehatannya, atau tradisi keseniannya. 

"Jangan sampai kita sebagai cikal bakal kehilangan jadi dirinya, maka kita harus bahu membahu mempertahankan nilai-nilai luhur itu," pungkas Usmar. (D2n)

Posting Komentar

0 Komentar