Milangkala Ke 1 PSB Jabar, Mendekatkan Masyarakat Dengan Budaya Seni Sunda



Milangkala Ke 1 PSB Jabar, Mendekatkan Masyarakat Dengan Budaya Seni Sunda

87 Online News
Selasa, 26 Februari 2019

KAB.BOGOR - Paguyuban Pencinta Seni Budaya (PSB) Jawa Barat, menggelar acara Milangkala yang pertama. Dihadiri undangan diantaranya Kades Laladon, Muspika Kecamatan Ciomas, Budayawan dan puluhan para pelaku seni budaya dari berbagai komunitas. Bertempat di Kampung Bubulak RT 02/09 Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, KabupatenBogor, Sabtu (23/2/19) malam.

Acara tesebut diisi berbagai hiburan diantaranya, pagelaran wayang golek dari Padepokan Genta Raksa Budaya dengan dalang Den Gala. Selain itu, pada puncak acara juga dimeriahkan penampilan berbagai Seni Sunda antara lain tarian jaipong, tarawangsa, kolaborasi kang Alif dari Rangga Jati Darma dan Ambu Goler dari Kitapak Pencak Silat dari Sabandar Karimadi. Kemeriahan acara semakin terasa ketika momen potong tumpeng dan pemberian cinderamata dari paguyuban yang lain.

Pada kesempatam itu, Arief Rahman Hakim selaku Pupuhu sekaligus Ketua Umum PSB Jawa Barat mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak hingga terselenggaranya acara tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua puhak pihak yang sudah membantu meluangkan waktu dan tenaga serta berpartisipasi hingga terlaksana acara milangkala ini PSB yang pertama ini," ucapnya.
Dikatakannya, acara ini di gelar dengan bertujuan agar masyarakat lebih mengenal budaya Sunda, "lebih dekat serta juga akan ikut tergerak untuk menjaga, melestarikan dan memperkenalkan seni budaya," imbuh Ki Akew, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Laladon Ujang Atmaja mengucapkan terimakasih kepada PSB Jabar atas diadakannya acara ini. Selain masyarakat terhibur, juga mengingatkan kembali akan kesenian sunda yang semakin lama, semakin terhempas seiring perkembangan zaman.

"Saya sangat mengapresiasi sekali atas acara Milangkala yang pertama ini, mudah mudahan PSB Jabar semakin rahayu dan akan terus menjaga serta melestarikan kebudayaan khususnya Budaya Sunda, ungkapnya.

Semakin malam perhelatan ini semakin ramai, dan tidak menyurutkan semangat pelaku seni budaya juga masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan berbagai penampilan pagelaran kesenian budaya yang disuguhkan oleh panitia acara. (D2N)