Sat Reskrim Polresta Bogor Kota Amankan Pelaku Pembuat Uang Palsu

KOTA BOGOR - Sat Reskrim Polresta Bogor Kota berhasil mengamankan dua orang tersangka pembuat uang palsu berinisial UM dan HS, di Kampung Pabuaran RT 03/RW 05, desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Polisi Ulung Samporna Jaya menuturkan, penangkapan pelaku berawal dari adanya laporan masyarakat pada hari Rabu (02/1/19).

"Atas laporan tersebut tim opnal melakukan lidik terhadap pelaku. Saat dilakukan penyelidikan diketahui keberadaan pelaku di TKP yang sedang mengoprasikan printer untuk mencetak uang palsu pecahan Rp 100 ribu dan seorang pria berada di ruang tamu," tutur Kapolresta, saat Konferensi Pers di Aula Mako Polresta Bogor Kota, Kamis (3/1/19).

Karena khawatir pelaku menghilangkan barang bukti, pada saat itu tim opsnal melakukan penggerebekan dan langsung mengamankan barang bukti.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya, 3 unit printer berbagai merk, 1 unit laptop, 1 unit mesin laminating, 1 unit telepon genggam, 1.500 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu, 3 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu, 21 lembar resi STNK Palsu, 3 lembar sertipikat palsu.

"Dalam operasinya pelaku tidak hanya membuat uang palsu, tetapi juga membuat STNK, BPKB dan sertipikat palsu yang akam digunakan untuk kepentingan pribadinya," imbuh Kapolresta.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku di jerat pasal 36 ayat 1,2,3 Undang-Undang No 7 Tahun 2011, tentang mata uang atau KUHPidana dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara. (Sally)

Posting Komentar

0 Komentar