Plt Bupati Kampar Tampung Aspirasi Masyarakat Dalam Kegiatan SMST

KAMPAR - Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto SH hadiri Silaturrahmi Masyarakat Sungai Tapung (SMST) Ke III dan pengukuhan lembaga Adat Kenegarian Tapung (LAKTA)  yang diadakan di Desa Sei Kijang Kecamatan Tapung Hilir Sabtu, (19/01/19).

Dalam sambutannya, Plt BupatinKampar Catur mengungkapkan rasa senang dan bahagia berada ditengah orang tua, Ninik, Mamak dan para pemangku adat yang ada di Kenagarian Tapung.

"Alhamdulillah, kita masih tetap berpegang teguh pada tali papilin tigo, tigo tungku sajorangan yang artinya Pemerintah, ulama dan tokoh adat tetap kuat dan saling mendukung dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Kampar ini," kata Catur Sugeng Susanto.

Ia menegaskan, bahwa kucinya adalah silaturrahmi yang erat dan selalu bersinergi bersama seluruh  komponen masyarakat.

"Kita memiliki SDM dan SDA yang melimpah, kata orang Negeri yang kaya diatas minyak dibawah minyak. Namun kita akui pembangunan masih belum dapat menjangkau semua daerah dan masih ada kekurangan-kekurangan. Oleh sebab itu do'akan kami agar tetap konsisten dan amanah," paparnya.

Dalam acara tersebut berbagai aspirasi masyarakat pun ditampung Plt Bupati Kampar, khususnya pembangunan infrastrutur jalan dan jembatan di desa Sikijang yang sebagian belum dilakukan pengaspalan serta jembatan.

"Saya minta usai acara ini, tunjukan jalan mana yang mau di lakukan pengaspalan, untuk kita lakukan peninjauan bersama-sama agar lebih jelas kondisinya seperti apa."pinta Catur

Pada kesempatan tersebut Plt. Bupati Kampar juga meminta Camat dan Kades untuk dapat mendata pembangunan yang menjadi prioritas bagi desa dan kecamatan tersebut.

Sementara itu Plh. Gubernur Riau, Ahmad Hijazi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini sehingga tetap berpijak pada nilai adat, potensi dan kekayaan masa lalu. Dan, ini sebagai harapan kepada generasi sekarang. Revitalisasi menjadi sebuah model dan dapat di contoh bagi daerah lain.

"Kita yakin kelembagaan resmi ini agar dapat menerangkan fungsi tigo tungku sajorangan, tali bapilin tigo sinergitas ini yang akan dapat memajukan masyarakat" kata Hijazi 

Dijelaskannya, Pemerintah terus akan mendukung terhadap kelestarian adat agar dapat berperan aktif dalam pembangunan, dengan harapan akan menjadi motivasi bagi kita untuk bangkitnya Tapung dimasa yang akan datang.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau terpilih 2019-2024 Edi Natar Nasution dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Adat Kenegerian Tapung (LAKTA) ini merupakan wadah yang efektif dalam pembinaan terhadap adat istiadat serta sebagai wadah berkumpulnya anak kemanakan. Dapat memberikan perubahan bagi dan mempermudah dalam pererat komunikasi dalam tali bapilin tigo, tigo tungku sajorangan.

Hadir pada kesempatan tersebut  Sekda Kampar  Drs. Yusri, M.Si, Para datuk dan Ninik mamak se Kenegarian Tapung, LAM Riau Tarlaili, LAK Kampar dt Sartunis, Sahidin Anggota DPRD Kampar, Anggota DPRD Provinsi Riau Masnur. Kapolres Kampar Andri Ananta Yudhistira, Para Kepala, Camat Tapung Hilir Yuricho Efril. LAK Pelalawan Zulmizan, Ahmadsyah Harrofie Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Riau.            

Usai acara Plt Bupati Kampar langsung meninjau jalan poros dan jembatan desa sikijang-sikijang jaya yang akan dijadikan pembangunan skala prioritas tahun 2019 ini. (Irfan)

Posting Komentar

0 Komentar