Mensos Berikan Bantuan Kepada Korban Bencana Longsor Cisolok

SUKABUMI - Menteri Sosial Republik Indonesia (MENSOS) Agus Gumiwang Kartasasmita di dampingi Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono mendatangi lokasi Bencana alam tanah longsor di Kampung Cimapag, Desa Sinar Resmi, kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kamis (3/1/19).

Setibanya di lokasi bencana, Mensos sangat prihatin melihat kondisi kejadian bencana dan akan memberikan bantuan secara maksimal kepada para korban.

"Kejadian dimanapun itu, hari pertama adalah hari tersulit dalam penanganan, belum lagi mobilisasi peralatan untuk evakuasi yang sulit di jangkau dan berapapun jumlah korban yang terkena longsoran, akan kami berikan bantuan melalui ahli waris," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut mensos menyerahkan  bantuan kementrian sosial berupa uang tunai sebesar Rp, 15.000.000,-  per keluarga kepada ahli waris penerima bantuan, dengan Jumlah Korban Saat ini 13 Orang. Total bantuan yang diberikan Rp 195.000.000,-.

Ia juga mengapresiasi kinerja para relawan dari berbagai unsur yang ikut serta dalam membantu proses evakuasi korban.

"Saya melihat, banyak organisasi non pemerintah, LSM, Relawan, Tagana yang telah berupaya memberikan bantuan berbagai kebutuhan bagi korban bencana," ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono menyampaikan bahwa di hari ketiga ini proses evakuasi korban sudah mulai kondusif.

"Sekarang ini hari ke tiga, terlihat di lokasi sekarang tambah tertib untuk penangan karena tidak numpuk banyak orang yang menyaksikan tidak seperti di hari selasa yang lalu, mudah-mudahan upaya kita untuk mencari sisa yang belum ketemu tinggal 20 orang lagi bisa berhasil sampai dengan ditemukan semuanya," tuturnya.

Wabup pun menghimbau kepada masyarakat, agar berhati-hati dan waspada khususnya kepada masyarakat yang ada di daerah rawan bencana saat menghadapi cuaca yang bisa menimbulkan berbagai bencana.

"Harus waspada, karena kadang bencana seperti yang tidak diduga akan terkena longsoran, karena umumnya kita di Kabupaten Sukabumi khususnya Cisolok ini berbukit-bukit sehinga banyak rumah yang di atas dan dibawah tebing pada saat hujan deras yang cukup lama," pungkasnya.

Berdasarkan sumber Indonesian Disaster Emergency Response United yang ada di lokasi bahwa update data korban sampai saat ini yaitu korban selamat 64 jiwa, korban luka berat 3 jiwa, meninggal dunia 13 jiwa, hilang (DP) 20 jiwa. (DR) 

Posting Komentar

0 Komentar