Breaking News

Library Tour, Wisata Edukasi Anak Usia Dini

KOTA BOGOR - Setiap orang tua ingin anaknya sukses, cerdas dan berperilaku positif. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu usaha dari orang tua dan pendidik dengan mengenalkan berbagai macam kegiatan positif sehingga anak-anak dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif, yang dapat berpengaruh buruk pada perilakunya. Salah satu usahanya adalah dengan mengajak anak-anak berkunjung ke Perpustakaan untuk mengenalkan budaya membaca buku sejak dini.

Jika anda warga Bogor tentu sudah tidak asing lagi dengan Jl. Ir. H. Juanda, disitulah Perpustakaan milik Kementerian Pertanian berada. Sebuah bangunan tinggi menjulang dengan paduan cat warna cream dan merah hati berdiri, tepatnya berada di depan gereja Zebaoth dan Pintu Masuk Istana Bogor.

"Di Perpustakaan ini berbagai program menarik dihadirkan. Salah satunya adalah library tour. Pustaka Kementerian Pertanian dilengkapi dengan kid corner dan audio visual yang cocok untuk anak-anak usia dini. Pustaka lebih mengembangkan literasi kepada generasi muda mulai dari TK sampai SMU. Khusus untuk siswa TK, sasaran utama yang ingin disampaikan adalah dengan mengenalkan perpustakaan sehingga tumbuh minat membaca. 

Hal itu di ungkapkan oleh Juznia Andriani, Pustakawan Senior yang bertugas memandu Library Tour. Lalu bagaimana jika ingin berkunjung? Lebih lanjut juznia menjelaskan.

"Prosedur kunjungan adalah dengan mengirim surat resmi terlebih dahulu yang ditujukan kepada Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, agar kami dapat mengatur jadual kunjungannya," jelasnya.

Juznia, menambahkan bahwa hingga saat ini sudah banyak yang berkunjung ke Pustaka dan mengikuti program Library tour mulai dari siswa SD bahkan sampai perguruan tinggi dari Bogor maupun luar Bogor. Kunjungan terbaru adalah dari TK Mexindo Bogor sebanyak 200 orang siswa pada tanggal 17-18 Oktober 2019.
"Setiap siswa yang mengikuti library tour pasti senang dan ingin datang lagi, karena kami menghadirkan program yang menarik bagi anak-anak. Kami memiliki kids corner yaitu ruang perpustakaan yang nyaman, di design untuk anak-anak dilengkapi dengan buku-buku edukatif dan dipandu oleh pustakawan-pustakawan yang dapat memberikan pengamalan menarik untuk anak-anak sehingga berkunjung ke perpustakaan mengasyikan," tutur Juznia.

Selain mengenalkan anak-anak membaca, Junia bersama rekan-rekan pustakwannya juga mengenalkan anak-anak pada dunia pertanian, mengajak anak-anak untuk mau makan buah dan sayur yang kaya manfaat serta diselingi dengan story telling, serunya bersemangat.

Sementara itu kepala TK Mexindo selaku ketua rombongan pada kunjungan ke Pustaka mengatakan, bahwa ia termotivasi mengajak siswa didiknya ke Pustaka untuk menambah pengetahuan di perpustakaan.

"Tempatnya bagus, saya saja senang apalagi anak-anak, banyak program dari pustaka yang menarik untuk anak-anak, kami memilih pustaka karena tempatnya dilengkapi dengan fasilitas yang sesuai untuk anak TK dan Paud, buku-buku dan Pustakawan pemandunya sangat kompeten," ungkapnya.

Ia berharap agar program yang dimiliki dapat lebih tersosialisasi lagi sehingga seluruh siswa dapat memiliki pengalaman berkunjung ke perpustakaan dengan cara mengasyikan.

Salah satu siswa TK Mexindo, Gufron,  mengaku sangat senang mengunjungi perpustakaan tersebut dan ingin datang kembali. "Yang membuat saya senang datang kesini, karena bis mengenal dunia pertanian. Saya ingin jadi petani, karena menyenangkan," tukasnya dengan wajah polos. (D2n)

Tidak ada komentar