Breaking News

GTP Ke -203 Di Satpel Kelurahan Pasir Jaya, Edukasi Antara Penting Keserasian Alam dan Manusia

KOTABOGOR -Guna menciptakan lingkungan sehat, Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) menggelar kegiatan rutinnya, yakni menanam pohon yang ke-203. Kali ini GTP bersilaturahmi menanam pohon bersama anak-anak di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak ( Satpel) di Jalan Aria Surya Laga, Cibalagung, Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat, Minggu (20/01/19).

Heri Cahyono sebagai Inisiator GTP menyampaikan, kegiatan rutin yang ia lakukan bersama para penggiat tanam pohon setiap minggu ini ternyata masih banyak lahan yang terbuka dan bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon.

"Kita melihat ternyata masih banyak lahan yang masih terbuka sehingga kemarin Pimpinan Panti Asuhan ini mengatakan bahwa ada pohon-pohon lagi bisa untuk ditanam," kata Heri kepada awak media disela-sela kegiatan.

Ia menambahkan, bahwa di tempat tersebut banyak anak-anak. Tentunya dengan lingkungan asri, lingkungan yang sejuk apalagi penuh dengan tanaman buah itu sangat dibutuhkan diwilayah tersebut.

"Karena dibutuhkan nutrisi juga buat anak-anak panti. Dan, akhirnya kita datangkan sejumlah pohon mangga, pohon jambu. Di belakang juga ada lahan-lahan kritis, karena dulu kita tanam pohon jambu tetapi roboh terkena angin puting beliung sehingga kita gantikan dengan tanaman mahoni," sambungnya.

Menurutnya, kegiatan di lokasi tersebut untuk yang kedua kalinya dengan melibatkan anak-anak di panti ini

"Pertama untuk memunculkan kepeduliaan terhadap lingkungan, beredukasi juga terhadap mereka, dan juga mendidik akan pentingnya alam serasian antara manusia dengan alam ini sehingga kelibatkan mereka," paparnya.

Kegiatan menanam pohon bersama, diawali dengan olahraga yaitu senam pagi bersama Ibu-ibu. Karena, menurutnya ada filosofi yang mengatakan di dalam jiwa raga yang sehat, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa raga yang sehat.

"Itu yang kita tanamkan juga sebelum gerakan penanaman kita olahraga sehingga tubuh kita sehat dan jiwa kita pun sehat," ujar Politisi Partai berlambang pohon beringin itu.

Heri menambahkan, gerakan tanam pohon adalah sebuah misi yang sangat luhur, misi yang sangat baik untuk umat manusia. Bukan hanya di Indonesia, tetapi untuk kepentingan umur bumi. Karena akhir-akhir ini, bumi ini sering sekali mengalami bencana dan sudah seharusnya sebagai makhluk penghuni bumi ini sadar akan pentingnya alam ini.

"Karena kita sering mengalami bencana, berarti kita harus merawat bumi sebaik-baiknya. Bumi tidak akan memberikan kesejahteraan untuk umat manusia jika tidak kita tidak merawatnya. Dan, jika kita tidak menyadari akan pentingnya alam ini maka kita akan menjadi manusia yang tidak berterimakasih kepada bumi dan isinya yang diperuntukan memang untuk manusia," pungkasnya.(D2n)

Tidak ada komentar