Bupati Sukabumi Luncurkan Program Masaro

SUKABUMI - Sesuai Dengan  amanat Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Paradigma Pengelolaan Sampah harus  dirubah dari yang semula kumpul -angkut -buang menjadi pengurangan di sumber dan  daur ulang   dengan prinsip 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE).

Berkaitan dengan hal tersebut Bagian Sarana Dan Prasarana Setda Kabupaten bekerjasama dengan  Laboratorium Teknologi Polimer  dan  Membran  ITB menggelar  Presentasi Manajemen Sampah Zero ( Masaro),  dimana acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi H.  Marwan Hamami,  Bertempat di Aula Pendopo Sukabumi, Rabu (23/1).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan,Kabupaten Sukabumi Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari  2,4 juta jiwa  diasumsikan produksi sampah  setiap hari perorangnya mencapai 2 liter, maka diperkirakan timbunan  sampah mencapai1,473 ton. 

" Sehingga berkaitan dengan Pengelolaan Sampah, target  pengelolaan yang ingin  dicapai dalam JAKSTRANAS adalah 100% sampah di kabupaten Sukabumi dapat  terkelola  dengan  baik  dan benar di Tahun 2025" Tandasnya.

Selanjutnya Bupati berharap, Manajemen Sampah Zero (MASARO) Yang  dikembangkan oleh Laboratorium Teknologi Polimer Dan  Membran ITB  melalui  penerapan Prinsip  3R yang menekankan  upaya  pengelolaan sampah  di sumber yang melibatkan peran  aktif  masyarakat dan stakeholder diharapkan  dapat memberikan Benefit bagi  Pemerintah Kabupaten Sukabumi sehingga  dapat  membantu Mewujudkan Pencapaian Misi  Kabupaten Sukabumi Bebas  Sampah  sebagaimana yang tertuang dalam JAKSTRADA.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perangkat Daerah terkait, Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB serta pengelola Bank Sampah dan undangan lainnya. (DR/Red)

Posting Komentar

0 Komentar