Breaking News

DPMD Kabupaten Bogor Bekali Kades Cara Pengelolaan Pemerintahan Desa

KAB.BOGOR - Guna meningkatkan kapasitas Kepala desa dalam mengelola Pemerintahanan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten Bogor mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa. Bertempat di salah satu hotel di kawasan Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Kasi Aparatur Pemerintahan Desa, M.Jamal menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari yakni sejak Selasa 18 Desember hingga Kamis 20 Desember 2018 ini diikuti sebanyak 24 orang Kepala desa diantaranya, 19 Kepala desa terpilih dalam Pilkades Gelombang kedua dan 5 Kepala desa antar waktu.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sebelum dilakukan pelantikan oleh Bupati, dengan tujuan agar sebelum dilantik mereka harus lebih awal memiliki ilmu pengetahuan tentang mekanisme penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Karena setelah dilantik, paling lambat 3 bulan kedepan, Kades terpilih ini harus sudah bisa menyusun RPJMDes untuk 6 bulan kedepan. Dan, setelah dilantik kepala desa sudah mempunyai planing yang jelas," tutur M. Jamal saat ditemui disela-sela kegiatan, Rabu (19/12/18).
 
Dalam kegiatan itu, hadir narasumber pemateri diantaranya, dari Kemendagri, Provinsi Jawa Barat, Kejaksaan, BPN, BPJS Ketenagakerjaan, unsur TNI dan Kepolisian serta ESQ dari DKI Jakarta untuk memberikan motivasi kepada para kepala desa.

"Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut diantaranya, tentang mekanisme penyusunan RPJMDes, tentang hukum hingga kedisiplinan sehari-hari," urainya.
Untuk kegiatan hari kedua ini, masih kata M.Jamal, sengaja pihaknya menghadirkan Kepala desa Panggung Harjo, Kabupaten Bantul, Jawa Tengah untuk memberikan contoh cara memenejerial pengelolaan desa salah satunya pengelolaan BUMDES yang memiliki PADes dalam 1 tahun sekitar 4 Miliar.

"Dari itulah Kepala desa Panggung Harjo ini kita undang untuk memberikan motivasi kepada para kepala desa di Kabupaten Bogor, agar mereka bisa memanajerial pengelolaan tata pemerintahan yang baik dalam menggali potensi asli desanya," pungkasnya. (Ibra)

Tidak ada komentar