UPDATE

header ads

Bupati Bogor Harapkan HKSN Sebagai Perekat Keberagaman dan Menggugah Empati Mengatasi Kesenjangan Sosial

KAB.BOGOR - Bupati Bogor Hj. Nurhayanti menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2018 dengan tema "Kesetiakawanan Sosial Harmoni Indonesia", yang berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (5/12/18).

Dalam sambutannya Bupati menuturkan, HKSN merupakan momentum penting untuk terus memelihara, menanamkan, menumbuh kembangkan dan merevitalisasi nilai kesetiakawanan sosial yang telah terpatri dalam diri Bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari budaya kita untuk diimplementasikan serta di dayagunakan dalam menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan Bangsa.

"Seperti kemiskinan, ketertinggalan atau keterpencilan, keterlantaran, ketunaan sosial, kecacatan dan korban akibat bencana serta masalah sosial lainnya," tutur Hj. Nurhayanti.

Pelaksanaan kegiatan HKSN tahun ini lanjut Bupati, diharapkan mampu menjadi perekat keberagaman serta menggugah empati semua untuk mengatasi kesenjangan sosial melalui aksi nyata demi kebaikan bersama, sehingga menjadi suatu kekuatan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi sumber motivasi untuk hidup berdampingan dengan damai dan sejahtera.

"Dengan makin kuatnya kesadaran akan perbedaan, keragaman dan toleransi, kita telah memiliki modal sosial yang kuat untuk lebih peduli dan rela berbagi dalam semangat kesetiakawanan sosial," kata Hj. Nurhayanti.

Di acara tersebut, Bupati yang juga mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor itu berkesempatan menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada perwakilan sejumlah PSKS (Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) yang berprestasi diantaranya PSM, TKSK, Karang Taruna, Tagana, LKS, Pekerja Sosial (LK3), Masyarakat serta Relawan, dan kepada CSR peduli sosial juga bantuan sosial.

Selain penyerahan penghargaan, acara diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, penampilan dari para penyandang Disabilitas, pameran hasil karya PSKS seperti, Karang Taruna, Tagana, PKH, TKSK, dan juga pameran dari beberapa OPD serta Simulasi tanggap bencana dari Tagana Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor sekaligus juga penanggungjawab kegiatan Dra. Yanti Gunayanti, MM, dalam sambutannya memaparkan, maksud dan tujuan peringatan HKSN ini untuk menanamkan, mempertahankan serta meningkatkan nilai-nilai kesetiakawanan.
Mewujudkan rasa kebersamaan dalam tindak dan sikap hidup bangsa Indonesia khususnya di kabupaten bogor, serta membudayakan nilai-nilai kebersamaan dan semangat kesetiakawanan sosial dalam kepedulian sosial.

"Sasaran dari kegiatan ini adalah 1500 peserta yang terdiri dari PSKS, Perusahaan, SKPD, PMKS dan seluruh masyarakat, serta tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor," paparnya.

Sementara itu, Dra. Lenny Rachmawati, M.Si, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kabupaten Bogor menambahkan, momen kesetiakawanan sosial diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan, kebodohan, keterlantaran, kecacatan dan kedisabilitasan.

"Sehingga bisa bekerjasama dengan semua elemen untuk saling setia kawan, saling memperdulikan agar bisa meningkatkan kesejahteraan kita secara bersama-sama," ucapnya kepada awak media.

Ia berharap kedepannya momen HKSN ini bisa dijadikan kebiasaan untuk saling setia kawan, saling memperdulikan antara satu dengan yang lainnya.

"Sehingga masyarakat  Kabupaten Bogor menjadi orang yang memiliki jiwa kesetiakawanan," pungkasnya.

Hadir di acara tersebut diantaranya, Ketua dan Anggota serta Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor, Para Kepala SKPD, PSM, TKSK, Karang Taruna, Tagana, LKS, Pekerja Sosial (LK3), Masyarakat dan Relawan juga hadir Ketum MPB Atiek Yulis Setyowati. (Ibra)

Posting Komentar