UPDATE

header ads

Jajaran Polres Kampar Tinjau Kesiapan Kunjungan Salah Satu Cawapres

KAB.KAMPAR - Kapolres Kampar AKBP, Andri Ananta Yudhistira didampingi Kepala Urusan Oprasional (Kaurbidops) Satlantas Polres Kampar IPTU Try Widyanto serta Kasubbag Humas IPTU Deni Yusra meninjau kesiapan pasukan dalam rangka kunjungan kampanye salah satu Calon Presiden (Cawapres) RI di Wilayah Hukum Kabupaten Kampar, Senin (12/11/18).

Peninjauan dilakukan ke berbagai titik konsentrasi masa yang merupakan beberapa wilayah kerja Polsek Tambang, dengan melibatkan 258 personil demi terlaksananya Pemilu Damai di Kampar. Selain unsur POLRI dan TNI untuk pengamanan, juga hadir Bawaslu Kampar serta panitia pengawas di lapangan.

"Dalam kegiatan kampanye tolong menjaga keamanan dan ketertiban, jangan menyebarkan berita bohong, kampanye hitam dan saling menjatuhkan dalam kampanye, karena ini tidak baik dan tidak mengajarkan masyarakat tentang demokrasi yang santun," tegas AKBP Andri 

Kapolres juga memaparkan, tentang netralitas dan tupoksi Polri. Yang pertama, melakukan pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan pemilu agar peyelenggaraan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Kedua, melakukan penyidikan terhadap tindak pidana pilkada yang dilaporkan kepada Polri melalui Bawaslu, Panwaslu Provinsi, Panwaslu kabupaten/kota serta ke tiga, melakukan tugas lain menurut perundangan-undangan yang berlaku seperti melaksanakan tugas pelayanan penerimaaanpemberitahuan kegiatan kampanye dan atau pemberian izin kepada peserta pilkada. "Ketiga peran tersebut sangat memerlukan netralitas Polri agar penyelenggaraan pilkada bisa berkualitas," paparnya.

Dia mengatakan menjaga netralitas dalam pemilu adalah bagian dari upaya terciptanya good policing. Semangat ini merupakan upaya untuk menghadirkan kehidupan yang demokratis, tegaknya supremasi hukum, pemberian pelayanan yang demokratis dan nondiskriminatif, serta adanya perlindungan HAM dalam segala tugas dan implementasi kerja polisi.

"Hal ini diperlukan karena fungsi kepolisian pada dasarnya adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Beberapa lokasi yang dikunjungi Cawapres ini diantaranya UMKM Desa Kualu, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Peresmian Stadion Bola Kaki di Kecamatan Lipat Kain. (Irfan)

Posting Komentar