Breaking News

Cegah Persaingan Usaha Tidak Sehat KPPU Sosialisasikan UU No 5 Tahun 1999 Di Bogor

KOTA BOGOR - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengambil kebijakan serta mengubah perilaku pelaku usaha dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan kegiatan sosialisasi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU No. 5 Tahun 1999) bertempat di salah satu hotel diwilayah Kota Bogor, Jumat (9/11/18).

Dalam kegiatan itu hadir sebagai narasumber diantaranya anggota DPR RI Komisi VI Eka Sastra SE,M.Si Ketua KPPU Republik Indonesia Kurnia Toha SH, LL M.Ph.d serta perwakilan dari Dinas Koperasi UMKM Kota Bogor, diikuti puluhan peserta dari perwakilan berbagai organisasi dan pelaku UKM binaan Eka Sastra.

"Undang-Undang ini penting, terutama bagi UKM karena kita tahu dalam usaha di Indonesia kadangkala terjadi persaingan yang tidak sehat. Didalam Undang-undang ini dijaelaskan tentang mana saja yang dimaksud sebagai persaingan usaha tidak sehat yang merugikan UKM, dan bagaimana cara kita melaporkan pelanggaran-pelanggaran tersebut," tutur Eka Sastra saat ditemui usai kegiatan.

Yang paling utama, lanjut Eka Sastra, yang terkait dengan UKM kita karena ada prinsip kemitraan didalamnya. KPPU juga berwenang untuk mengecek apakah kemitraan sudah menguntungkan para usahawan kecil.

"Kalau tidak, itu akan menjadi bagian dari pelaporan terhadap KPPU untuk mengambil tindakan. Di beberapa komoditi kita melihat ada monopoli dan oligopoli serta beberapa sektor usaha lain," paparnya.

Ia berharap dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 ini lebih terbuka sehingga dapat mewujudkan persaingan usaha yang sehat dan bisa berkembang lagi. (Ibra)