Breaking News

Kepala Dinas Pariwisata Riau Apresiasi Festival Equator III

KAB.KAMPAR - Festival Equator ke 3 yang diselenggarakan dihalaman tugu Equator lipat kain mulai dari tanggal 25-28 Oktober 2018 masih berlanjut dengan beragam rangkaian acara yang di agendakan untuk menyambut kunjungan wisatawan.

Hadir dalam acara festival itu diantaranya, Kementerian Pariwisata Fitri Rosyanti, bidang pemasaran I regional I beserta Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Indonesia, Riau dan Kampar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal, Anggota DPRD Kampar Habiburrahman, Repol serta Kepala Dinas Pariwisata Kampar diwakili Nur Azman selaku Kabid Pemasaran, Penggerak Kampar Naik Kelas Yuyun Hidayat serta beberapa pengunjung yang datang ke acara dengan menggunakan sepeda dari Pekan Baru sekaligus menikmati keindahan alam.

Pada kesempatan itu, perwakilan Kementerian Pariwisata Rosyanti berpesan kepada para pegiat seni serta pemuda Generasi Pesona Indonesia, beserta stake holder lainnya agar terus bekerjasama dalam memajukan Pariwisata di Provinsi Riau.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Riau mengapresiasi kegiatan yang menampilkan ke originalitas dari suatu budaya masyarakat lokal yang memiliki nilai jual dibidang pariwisata serta di dukung oleh lokasi dan panorama yang indah.

"Nilai budaya yang orisinal menjadi nilai jual tersendiri berbalut budaya masyarakat dalam festival Equator III ini dan mengenalkan kepada masyarakat 7 destinasi wisata yang ada di sekitarnya. Semoga dapat kita tingkatkan, pariwisata Riau berbasis budaya," harap Fahmi.

Karena, lanjut Fahmizal, kita tidak memiliki pantai berpasir putih. "Untuk itu kita akan terus mengembangkan potensi wisata budaya yang ada bersama kearifan lokal yang akan mendorong pariwisata di Riau, untuk tahun ini saja 4,7 triliun perputaran uang dari sektor pariwisata, semoga kedepannya dapat kita tingkatkan," kata Fahmi.

Festival Equator III merupakan Event tahunan yang ke tiga kalinya, 25-28 Oktober 2018, diantaranya menampilkan  masak kalamai sebanyak18 kanca, masak pekasam sebanyak 5 dapur, Fashion Show 90 orang, lomba mewarnai 89 orang yang diikuti oleh 3 kecamatan, menampilkan Film pendek dari 5 komunitas, serta menghadirkan pengisi acara 7 orang, Panggung seni dari 6 komunitas, serta mengundang Bintang tamu Tim Kesenian Randai dari Desa Pangkalan Serai perbatasan Kampar dan Sumbar yang telah ada dari tahun 1972.

Selain itu juga menyelenggarakan Pasar Equator dengan konsep pasar digital dimana mata uang rupiah harus ditukarkan dengan uang yang hanya berlaku di pasar Equator mulai dari nominal 5000 sampai 50.000 dimana pengunjung akan melihat berbagai stand yang berjumlah lebih dari 20 stand, diantaranya stand yang melibatkan pihak swasta seperti minuman hdyrococo, Capella, bank Riau, RS awal Bros, sirup kurnia, serta stand dagangan masyarakat yang menjual hasil pertanian seperti jeruk, kuliner khas Kampar kiri pekasam, sambal kacau, sambal tokok, kiabu, kelapa muda,gulai cendawan yang dimasak dengan ikan, Gulai kiasak. (Irfan)