UPDATE

header ads

DPMD Kabupaten Kaur Selenggarakan Bimtek Aplikasi Siskeudes

KAUR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dengan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Bertempat di Gedung SMA Muhamadiyah Kabupaten Kaur, Kamis (4/10/18).

Kepala Dinas PMD H. Asmawi S. Ag MH, melalui Kepala Bidang PMD Satria menjelaskan, Bimtek Siskudes dengan Narasumber dari Satgas PMD Kaur yang sudah memiliki sertifikasi penguasaan pengoperasian aplikasi Siskudes ini bertujuam untuk melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dengan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Bagi Pegawai dan Aparat Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur.

"Peserta bimtek ini diikuti oleh sekitar 400 orang peserta dari 15 Kecamatan dan 15 pegawai PMD Kabupaten Kaur sebagai Satgas Aplikasi Siskeudes," jelasnya.

Satria juga menuturkan, pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan displin anggaran. Dengan diadakannya bimtek ini, diharapkan pengelolaan dana desa di Kabupaten Kaur yang sumbernya antara lain meliputi dana desa, alokasi dana desa, bantuan keuangan dari Provinsi, bantuan keuangan kabupaten, dan bagi hasil pajak retribusi dari kabupaten, dapat terselenggara dengan baik serta terhindar dari penyimpangan dan penyalahgunaan.

"Hal ini perlu saya tegaskan, bahwa jangan sampai para Kepala Desa dan Aparat desa terbawa ke ranah hukum yang disebabkan terjadinya kesalahan dalam pengelolaan keuangan desa," tegasnya.

Pihaknya mengajak kepada seluruh aparatur pemerintah desa untuk sama-sama menjaga nama baik Kabupaten Kaur dan Provinsi Bengkulu serta meminta peserta Bimtek agar serius dalam mengikuti kegiatan ini.

"Mari kita jaga nama baik Kabupaten Kaur dan Propinsi Bengkulu, semoga para peserta menjadi pionir bagi operator desa di 192 desa," pungkas Satria. (MIRWAN)

Posting Komentar