Breaking News

Diguyur Hujan Sejak Pagi, Jalan Lintas Riau Sumbar Tertutup Longsor

KAMPAR - Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Kampar sejak pagi hingga sore hari pada Selasa (23/10/2018), mengakibatkan
sebuah tebing bukit di sisi jalan lintas Riau – Sumbar wilayah Desa Merangin Kecamatan Kuok mengalami longsor.

Longsor terjadi di tiga titik yaitu pada KM 77, 80 dan 83 di Jalan Lintas Riau Sumbar ini, material longsor berupa pecahan batu dan tanah menutupi badan jalan, sehingga arus lalula lulintas sempat tertutup sementara menjelang pembersihan material longsor ini.

Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Ikwan Widarmono menuturkan, pihaknya menerima informasi dari warga setempat sekitar pukul 11.30 WIB.
Atas informasi itu Kapolsek segera memerintahkan anggotanya untuk mengecek ke lokasi.

"Ternyata benar, selanjutnya personel Polsek bersama Personel Satlantas Polres Kampar melakukan pengaturan arus lalulintas dilokasi longsor," tutur Kapolsek.

Petugas dibantu warga membersihkan sebagian material longsor yang menutupi badan jalan sambil menunggu alat berat dari Kementerian PU, sementara diberlakukan sistem buka tutup arus lalin setelah sebagian badan telah bisa dilalui.

Selain itu, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH, sejak pagi tadi telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk mengecek kondisi jalan akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Kampar ini.

Kapolres Kampar didampingi Kapolsek Bangkinang Barat dan Kasat Lantas juga mengecek langsung ke lokasi longsor ini, dan memerintahkan personil untuk stanby di lokasi guna melakukan pengaturan arus lalulintas.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH melalui Kasubbag Humas Iptu Deni Yusra menghimbau, kepada masyarakat yang akan melalui jalan lintas Riau – Sumbar ini agar berhati-hati dan waspada. "Karena sebagian ruas jalan lintas ini merupakan daerah rawan longsor terutama disaat musim penghujan," jelasnya.

Untuk longsor di KM 80 telah selesai dibersihkan dengan menggunakan alat berat dari Kementerian PU, kemudian dilanjutkan pembersihan di KM 83, dan dilanjutkan pembersihan di KM 77. (Irfan)