Breaking News

SMAN 1 Bojong Gede Bertekad Menjadi Sekolah Adiwiyata

KAB.BOGOR - Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif. Hal itulah yang saat ini yang sedang diusahakan oleh SMAN 1 Bojong Gede yang terletak di Jalan Raya Kemuning IV No. 71, Desa Cimangis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bojong Gede Wawan menjelaskan, dalam program tersebut diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif. 

"Tujuan program adiwiyata, menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah antara lain guru, murid dan pekerja lainnya sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan," tutir Wawan.

Wawan menegaskan, beberapa aspek tersebut harus menjadi perhatian sekolah untuk di kelola dengan cermat dan benar apabila mengembangkan program adiwiyata, yakni kebijakan kurikulum, kegiatan, dan sarana prasarana. "Secara terencana pengelolaan tersebut harus diarahkan pada indikator yang telah ditetapkan dalam program adiwiyata. Kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis parisipatif dan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungaan dan pengembangan kebijakan sekolah," tandasnya.

Sementara itu, Ketua tim Adiwiyata Hikmawati menambahkan, untuk mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup. Selain itu, sekolah juga diharapkan melibatkan masyarakat disekitarnya dalam melakukan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi warga sekolah, masyarakat maupun lingkungannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh warga sekolah dalam pengembangan kegiatan berbasis partisipatif.

Program adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma - norma dalam berperikehidupan yang antara lain kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. 

"Pada dasarnya, program adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Semoga sekolah kita kedepan akan menjadi sekolah adiwiyata," tegasnya. (Iwan S Pamungkas).