Breaking News

Mr. Kan : Nilai Fungsi Hukum Tergantung Naik Turunnya Tingkat Kejahatan

JAKARTA - Untuk mengetahui seberapa besar nilai-nilai rasa efek jera yang terciptakan oleh sistem-sistem hukum di dalam suatu negara tergantung naik turunnya tingkat kejahatan yang ada didalam negara tersebut. 

Hal itu dikatakan Mr. Kan selaku pengamat hukum melalui pers rilis yang diterima redaksi, Selasa (25/9/18).

Menurutnya, jika di dalam suatu negara tingkat kejahatan terus menerus meningkat maka sesungguhnya sistem hukum yang ada di dalam negara tersebut tidak berfungsi atau tidak bermanfaat dan atau tidak berjalan sesuai dengan tujuan hukum yang sebagaimana mestinya.

"Sebaliknya apabila didalam suatu negara tingkat kejahatannya terus menerus menurun, maka berarti sistem hukum yang ada di dalam negara tersebut sudah membawa manfaat atau berfungsi dan atau sudah berjalan dengan sesuai tujuan hukum yang sebagaimana mestinya," papar Mr. Kan.

Lebih lanjut Mr. Kan mengatakan, di dalam suatu negara, kehidupan bermasyarakat akan percaya dengan sistem-sistem hukum yang ada apabila sistem hukum yang ada didalam negara tersebut selalu ditegakkan oleh para aparatur penegak hukum didalam negara serta selalu mampu untuk menciptakan rasa keadilan yang maksimal dan pasti. Terutama tidak adanya praktek hukum pilih kasih.

"Dalam arti, didalam suatu negara tersebut yang sudah memiliki sistem hukum yang pasti dan oleh para aparatur penegak hukum didalam negara tersebut sudah mampu secara maksimal untuk menjalankan, menghidupkan dan menciptakan tujuan hukum yang sebagaimana mestinya," ungkap Mr. Kan.

Ia menambahkan, berdasarkan pengamatannya, dengan adanya sistem hukum yang ada didalam suatu negara, selain bertujuan untuk menciptakan keadilan, menegakkan keadilan, dan mencapai keadilan, sistem hukum yang ada didalam suatu negara juga harus mampu menciptakan rasa efek jera yang mampu menurunkan tingkat kejahatan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Suatu negara pasti akan menjadi negara maju, apabila pemerintahan didalamnya mampu menjalankan, menghidupkan, dan menciptakan tujuan hukum yang sebagaimana mestinya. Jika terjadi sebaliknya, maka cepat atau lambat suatu negara akan menjadi hancur lebur," pungkasnya. (IB)

Sumber Rilos : Mr.Kan Pengamat Hukum