UPDATE

header ads

Kurangnya Animo Masyarakat "Kesenian Sunda Ki Lengser" Di Kota Bogor Hampir Punah

KOTA BOGOR - Untuk melestarikan budaya tari Jaipong dan Lengser yang berasal dari Jawa Barat, Sanggar Bagaskara bekerjasama dengan Plaza Jambu Dua dan Dinas Pariwisata Kota Bogor menyelenggarakan Festival Jaipong dan Lengser, Minggu (23/9/18).

Festival yang digelar di Plaza Jambu Dua lantai 2 itu, diikuti puluhan peserta dari beberapa sekolah dan sanggar yang ada di Kota Bogor dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinasbudparekraf Kota Bogor, Shahlan Rasyidi.

Pada kesempatan itu Suci wardini selaku pemilik Sanggar Bagaskara menuturkan, selain untuk melestarikan seni budaya sunda yang hampir punah di Kota Bogor, acara tersebut juga sebagai ajang menjaring bibit yang berbakat khususnya dibidang seni tari Jaipong dan Lengser.

"Awalnya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kesenian lengser yang saat ini mulai hampir punah. Pelaku lengser ini pada umumnya kebanyakan dari orang tua, sedangkan geneari muda belum ada. Dari itulah, kami mengadakan festival lengser ini," tuturnya, saat ditemui disela-sela acara.

Namun, pada kenyataannya, masih kata Suci, sampai saat ini animo masyarakat masih kurang terhadap kesenian Lengser dan lebih didominasi oleh peserta lomba tari jaipong, maka kegiatan lomba Lengser tersebut ditiadakan. "Karena peserta lengser hanya satu orang, jadi lomba lengsernya ditiadakan. Insya Allah, tahun depan kami akan mengadakan lagi festival lengser," imbuhnya.

Menurutnya, hal tersebut perlu dukungan dari semua pihak mulai dari Pemerintah Kota Bogor, juga para seniman dan masyaratkat.

"Karena ini bukan hanya pekerjaan rumah (PR) para seniman, tetapi PR semua pihak termasuk pemerintah dan juga masyarakat pada umumnya," ujar Suci.

Suci menyebutkan, dalam acara yang diadakan saat ini selain didukung oleh beberapa sponsor, juga tidak terlepas dari peran serta dan dukungan dari Disbudparekraf Kota Bogor.

"Alhamdulillah, Pemerintah Kota Bogor melalui Disbudparekraf sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan, Kepala Dinas yang membuka acara dan memberikan penghargaan berupa piala juga sertifikat untuk para peserta," pungkasnya. (Ibra/Gandi)

Posting Komentar