Breaking News

Danrem 061/SK Kolonel Inf M Hasan : Akan Terus Benahi Permasalahan Lingkungan

KAB.BOGOR - Menindak lanjuti peran serta TNI khususnya Korem 061/Suryakancana dalam mejaga kelestarian alam, sesuai yang di katakan Komandan Korem (Danrem) 061/SK, Kol Inf M Hasan ketika memberikan sambutan dalam puncak peringatan HUT Korem 061/Sk ke-69 di The Highland Park Resort - Hotel, Kampung Sinarwangi, Sukajadi, Kecamatan, Tamansari, Kabupaten Bogor. Minggu, (09/09/18).

Menjawab petanyan tersebut, Danrem 061/Surya Kencana, Kol Inf M Hasan mengatakan sebetulnya itu bukan hanya pekerjaan TNI tetapi pekerjan kita semua. Terkait dengan permasalahan Sungai Ciliwung yang sampai ke- Jakarata, dirinya pernah dipanggil untuk memaparkan persoalan tersebut.

"Saya pernah di panggil kejakarta untuk memaparkan permasalahan dihulu Sungai Ciliwung, dan kita sudah mengerjakan waktu itu di telaga saat pengerukan Danau dan segala macam. Itu akan kita tindak lanjuti lagi kembali ke situ - situ yang lainnya, termasuk bantaran Sungainya," ungkap Danrem kepada wartawan.

Selain itu terang Danrem, Saya panggil relawan juga untuk menyampaikan itu, agar kedepannya untuk di ekspos sampai keluar. Serta disampaikan lagi kelebih tinggi.

Dengan adanya berbagai permasalah sungai baik limbah maupun pola pikir masyarakat dalam membuang sampah sembarangan, pihaknya akan terus membenahi permasalahan tersebut secara berkelanjutan.

"Yaitu tadi sitalasimultan, kita perbaiki hulunya dulu, kemudian bantaranya, permasalahannya apa? Kalau dihulu permasalahannya kan daerah resapan air dan banyak situ - situ yang sudah tertimbun. kalau untuk dibantaran kan nanti adalimbah pola pikir masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan lain - lain, akan berlanjut kita atasi untuk sedikit - sedilit kita belanja masalh dulu lah tentang hal itu," papar Danrem.

Ketika ditanya terkait apabila ditemukan adanya perusahaan atau pabrik yang membuang limbah kesungai. Menurutnya pihak TNI belum bisa menindak secara langsung dikarnakan belum ada aturannya.

"Kita belum bisa menindak karena belum ada aturannya, sepertikan satgas citarum sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) nya, kedepan akan kita coba pertimbangkan bagaimana kegiatan ini ada payung hukumnya. Minimal Pelaturan Gubernur (Pergub) atau Peraturan Daerah (Perda) saja cukup untuk kita menindak lanjuti apabila ditemukan ada yang membuang limbah sembarangan," pungkasnya. (Gandi)