Breaking News

Publikasi DPMD Kabupaten Bogor



PUBLIKASI KINERJA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DPMD)
(Agustus 2018)
Foto: Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Drs. Deni Ardiana
KAB.BOGOR - Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 30 Tahun 2004 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Pemberdayaan Masarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Badan Pemberdayaan Masarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Badan pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa mempunyai fungsi Diantaranya, Perumusan kebijakan teknis bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, pemberian dukungan atas penyelengaraan pemerintahan daerah di bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Foto : Rapat Koordinasi Pilkades di Ruang Rapat Kantor DPMD Kabupaten Bogor
Atas dasar tersebut, menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2018 di 19 (Sembilan belas) Desa dari 12 (dua belas) Kecamatan, DPMD Kabupaten Bogor menggelar Rapat Koordinasi membahas persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades). Rapat koordinasi yang diselenggarakan di ruang rapat DPMD, dibuka dan dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa didampingi Kepala Seksi Aparatur Pemerintahan Desa serta dihadiri Unsur Dinas/Instansi terkait di Kabupaten Bogor, dan Camat yang melaksanakan Pilkades.
                              Foto : Gelar TTG Ke VIII Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jabar
Untuk mengetahui perkembangan potensi kerajinan di setiap Kabupaten atau Kota di wilayah Jawa Barat, DPMD Kabupaten Bogor melalui Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa yang mewakili Kepala DPMD Kabupaten Bogor mengikuti Teknologi Tepat Guna ke VIII tahun 2018 yang di gelar di lapangan Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat. Acara Teknologi Tepat Guna ke VIII tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Barat ini dibuka oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat didampingi oleh Penjabat Bupati Bandung Barat selaku tuan rumah dan diikuti oleh Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Barat.
Foto : Kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID)
Sebagai salah satu Perangkat Daerah yang memfasilitasi program kegiatan sistem informasi desa yang akan dikelola dan digunakan oleh Pemerintah Desa sebagai sarana menyimpan berbagai berita yang dilakukan oleh Pemerintah Desa bagi pihak yang memerlukan data dan infromasi mengenai berita perkembangan di suatu desa, DPMD Kabupaten Bogor juga melaksanakan Pelatihan Pendataan Potensi Desa Berbasis Masyarakat melalui Sistem Informasi Desa (SID).
                                           Foto : Kegiatan TMMD ke 102 di Kab.Bogor
Dalam bidang pembangunan, DPMD Kabupaten Bogor, memfasilitasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Wilayah Kabupaten Bogor Tahun 2018 berupa pembuatan jalan yang dikerjakan oleh Satuan Tugas dari TNI, Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Instansi terkait, Kecamatan Rumpin, Desa Rabak, dan Warga Masyarakat setempat.
Pembukaan pendidikan kader ulama XII Tingkat Kabupaten Bogor oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo
DPMD Kabupaten Bogor, turut serta dalam rangka acara pembukaan pendidikan kader ulama XII Tingkat Kabupaten Bogor oleh Presiden RI, Joko Widodo di Gedung Tegar Beriman Komplek Pemda Kabupaten Bogor. Acara yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor ini bertujuan mencetak kader pemimpin muslim berparadigma wasathiyah, yang dihadiri oleh Alim Ulama, Pejabat Negara, Pejabat Pemda Kabupate Bogor, dan tamu undangan lainnya. (Ibra)

Sumber : Prolap DPMD Kabupaten Bogor, Agustus 2018