Breaking News

Jodhi Imbau Pengurus IWO Terlibat Pada Pembangunan Daerah

SOPPENG - Kehadiran Ikatan Wartawan Online (IWO) diberbagai daerah Indonesia dapat menjadi motor penggerak dalam pembangunan, tidak hanya pembangunan Sumber Daya Alam semata, namun juga Sumber Daya Manusianya (SDM). Karena itu perlu sinergitas antara pemangku kepentingan sesuai dengan nilai-nilai jurnalistik.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono pada acara pelantikan pengurus IWO Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/18/18).

"Tidak hanya infrastruktur yang dibangun, SDM juga harus ditingkatkan dan membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak. Tentunya, sesuai etika dan nilai-nilai Jurnalistik," ucap Jodhi.

Dengan ditancapkan Bendera Pataka IWO di Kabupaten Soppeng, di dapuk sebagai Ketua adalah Andi Mull Makmun Hasan. Pembacaan ikrar dan pemberian pataka langsung disampaikan oleh Ketua Propinsi Sulsel, Zulkifli Tahir, sedangkan SK kepengurusan disampaikan Sekretaris Propinsi Sulawesi Selatan, Hasanuddin.

Pada kesempatan itu, Zulkifli menghimbau kepada pengurus baru di Soppeng untuk menunjukkan kekompakan serta dedikasinya terhadap profesi wartawan. Sehingga dapat membawa angin segar bagi pembangunan di Kabupaten yang dikenal Kota Kalong itu.

"Seperti mengutip kata-kata KH Ahmad Dahlan, hidupilah organisasi dan jangan mengambil hidup didalam organisasi. Karena itulah kehadiran IWO di Kota Kalelawar ini diharapkan akan membawa angin segar terhadap Insan Pers kedepannya, dan pembangunan di daerah ini pada umumnya," ujar pria yang akrab disapa Bang Culeq.

Dia menjelaskan, pelantikan pengurus Daerah IWO Soppeng adalah pelantikan pertama di Propinsi Sulsel, sama ketika hadirnya IWO di Bumi Angin Mamiri ini.

"Pelantikan ini merupakan sejarah yang bisa menjadi motivasi bagi Daerah lain di Sulsel. Sama seperti kehadiran IWO di Sulsel, dari seluruh Indonesia, kepengurusan Propinsi Sulsel pertama yang dilantik oleh Ketum IWO Pusat Pak Jodhi," ungkap Bang Culeq.

Sementara Bupati Soppeng, Andi Kaswadi yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Soppeng A Fithratuddin mengimbau kepada anggota IWO agar lebih meningkatkan kualitas SDM guna menghindari berita Hoax (Palsu).

"Pemkab Soppeng selalu terbuka untuk menerima konfirmasi dari seluruh awak media terkait informasi seputar Pemkab Soppeng," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IWO Soppeng Andi Mull Makmun Hasan mengatakan, IWO akan tetap menjadi pengontrol pembangunan bagi pemerintah daerah. Dia menjelaskan, posisi Ketua merupakan suatu amanah yang harus dijalankan dalam memajukan IWO di daerah tersebut.

"Diharapkan IWO sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi sehingga melekat di hati masyarakat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, dan Pemda Soppeng yang telah memberikan perhatian," ucapnya.

Acara pelantikan ini di gelar di kawasan hutan wisata dan taman pemandian air panas Lejja Park yang berada di Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa yang berjarak 44 KM sebelah Utara dari Watansoppeng Ibu Kota Kabupaten Soppeng.

Selain Ketum PP IWO, Jhody Yudono, turut hadir menyaksikan acara pelantikan pengurus Soppeng periode 2018-2023 itu, diantaranya Sekretaris PP IWO, Edward Panggabean, Sekretaris Dewan Etik IWO Sulsel, Ahmad Yusran, serta perwakilan Forkopimda Soppeng dan pengurus Propinsi IWO Sulsel. (Red/IWO)