Breaking News

DPR RI Komisi VII dan LIPI Lakukan Program Diseminasi Di Katulampa

KOTA BOGOR - DPR RI Komisi VII bekerjasama dengan LIPI memberikan 3500 bibit jambu kristal, 150 liter pupuk organik hayati dan 300 pot begonia yang terdiri dari 8 varietas, Senin (27/08/18).

Dengan program Diseminasi Iptek Lipi yang dibawa oleh Joko Purwanto ini, diharapkan bisa mendorong pendapatan masyarakat diwilayah Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

"Hari ini saya bawa produk yang dikembangkan oleh LIPI dan kemudian targetnya menggairahkan masyakarat Kota Bogor untuk bisa meningkatkan taraf ekonomi mereka," kata Joko.

Joko Purwanto yang merupakan anggota DPR RI Komisi VII Dapil Jabar III (Kabupaten Cianjur - Kota Bogor) lebih memilih melakukan Diseminasi Iptek LIPI di Kota Bogor.

"Saya melihat masyarakat Kota Bogor lebih aspiratif, karena dengan lahan yang terbatas mereka menemukan terobosan untuk melakukan budidaya. Mereka merasa tertantang untuk meningkatkan ekonomi," ungkapnya.

Joko Purwanto juga mengharapkan bisa membuat daerah Katulampa menjadi daerah penghasil komoditi jambu kristal.

"Karena cukup miris, kita masyarakat Kota Bogor yang biasa merasakan iklim yang dingin dan menjadi kota hujan tapi kini menjadi kota yang panas dan mungkin karena pohonnya sudah berkurang, maka dari itu kita coba tanamkan kembali pohon," jelasnya.

Dr. Ir. Witjaksono M. Sc perwakilan dari LIPI mengharapkan dengan adanya diseminasi, teknologi yang dikembangkan bisa bermanfaat dan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Untuk jambu kristal yang bibitnya hasil okulasi dan jika ditanam hasilnya akan seragam rasanya dan kualitasnya, maka daerah katulampa bisa menjadi produsen jambu kristal" jelasnya. (MTH)