Breaking News

Bupati Bogor Berikan Remisi Umum Kepada 1.655 Napi

KAB.BOGOR - Di akhir masa jabatannya, Bupati Bogor, Nurhayanti menyerahkan langsung Remisi Umum Tahun 2018 kepada perwakilan WBP se-Kabupaten Bogor di Aula Sahardjo Lapas Kelas II Cibinong, Jumat (17/8).

Kalapas Cibinong, Agung Krisna menyampaikan dari empat lapas atau rutan se Kabupaten Bogor yang dihuni oleh 3.471 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP), warga binaan yang mendapatkan remisi umum sebanyak 1.665 orang.

"Rincian yang mendapatkan remisi umum, 1.525 orang mendapatkan RU I (pengurangan masa pidana sebagian) dan 140 orang mendapatkan RU II (pengurangan masa pidana seluruhnya)," jelasnya.

Agung menambahkan, saat ini di lapas sedang mengusulkan remisi secara online yang berbasis teknologi informasi dan terintegrasi dengan kanwil dan pusat. "Sehingga menghilangkan terjadinya pungutan-pungutan liar yang dulunya pernah dilakukan oknum petugas, dismaping itu dengan sistem online lebih ramah lingkungan karena paper less," tambah Kalapas.

Sementara itu Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. "Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan prilaku sehari-hari, perbaikan itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana," kata Nurhayanti.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, dalam tataran yang demikian dapat dikatakan bahwa remisi merupakan alat untuk memodifikasi perilaku narapidana. "Remisi sebagai pemacu untuk narapidana berkelakuan baik, karena jika mereka tidak mempunyai prilaku yang baik maka hak remisi tidak akan bisa diberikan," pungkasnya. (IB)