Breaking News

Meriahkan Ramadan 1439 H Pemdes Gunung Geulis Gelar Festival Ramadah

KAB.BOGOR - Memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah yang tinggal beberapa hari lagi, Pemeritah Desa (Pemdes) Gunung Gelulis menggelar acara Festival Ramadhan. Bertempat di Lapangan Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Sabtu, (09/06/18).

Hadir dalam acara itu diantaranya, Jajaran Muspika Sukaraja, Ketua RT dan RW, Tokoh Pemuda (Toda), Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga) dan masyarakat setempat.

Kepala Desa (Kades) Gunung Geulis, Martin Menteng dalm sambutanya menjelaskan, acara Festival Ramadhan ini yang ke tiga kalinya diselenggarakan dan menjadi agenda rutin dalam rangka memerihakan Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, Festival ini juga ajang mencari bibit-bibit berbakat melalui lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).

"Pelaksanaan lomba pada festival ramadhan tahun ini berlangsung selama 4 hari, yaitu mulai tanggal 14 sampai dengan 17 hijirah ataun09-12 Masehi," jelas Martin.

Lanjut, Ia menuturkan, ada 4 perlombaan dalam acara ini, yaitu Ceramah (Tausyiah), Qori (Qory'ah) dan Tahfizul Qur'an dan Solawat Qosidah. "Untuk satu group sholawat qosidah minimal 15 orang, usia bebas dan boleh diiringi hajir marawis, hadroh dan rebana dengan pilihan kategori soalwat yang sudah di sediakan panitia yaitu Komarun, Busyro lana, Roqqot Aina, Soalwat Badar dan Inal Habibal Musthofa dengan kategori peserta diantaranya anak-anak usia 6 samapi 14 tahun dan dewasa 15 hingga 25 Tahun," tuturnya.

Martin juga mengatakan, kegiatan ini juga berdasarkan undang-undang yang tidak hanya membangun infrastruktur, selain ada bangunan fisik salah satunya adalah pemberdayaan dan meberdayakan masyarakat untuk berpartisi dalam pembangunan.

"Bukan hanya bidang infrastrukur saja yang bisa dilaksanakan, tentunya bidang agamanya juga perlu kita angkat yang notabrne agama kita sendiri (Islam). Nah ini yang perlu di perhatikan, ini menjadi tanggung jawab kita semua," pungkasnya.

Ia berharap kegiatan ini juga bukan hanya untuk mengejar prestasi, akan tetapi bagai mana meningkatkan ukuwah islamiah terutama meningkatkan kemampun dalam membaca atau menghapal Alqur'an. (Gandi)