UPDATE

header ads

Kades Gunung Menyan Dinilai Kangkangi UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

KAB.BOGOR - Proyek pembangunan Turap Penahan Tebing di Jalan Alternatif penghubung antar Desa dan Kecamatan, tepatnya di Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan dengan Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor tak bertuan.

Meski telah memasuki masa pengerjaan proyek, namun hingga saat ini di lokasi proyek tersebut tidak terpangpang papan proyek yang seharusnya menjadi prioritas pelaksanaan pembangunan.

Menurut salah satu pekerja dilokasi, proyek tersebut sudah berjalan hampir satu minggu. Namun saat ini, belum diketahui asal muasal proyek tersebut.

"Kita tidak tahu proyek ini dari mana, sebab tidak ada pemberitahuan semacam papan nama," kata salah seorang pekerja warga Kampung Gunung Menyan Sabrang," kepada Wartawan, Minggu (3/6/8).

Menurutnya, terkait pembangunan TPT dengan lebar 30 cm, Tinggi 280 dan panjang 100 meter ini pihaknya tidak mengetahui secara pasti, dari mana dan berapa anggarannya. Ia mengaku hanya pekerja proyek, dan mengarahkan media supaya mengkonfirasi ke Jayadi  selaku LPM di desa tersebut yang rumahnya tidak jauh dari lokasi pembangunan.

Saat akan dikonfirmasi terkait hal itu, Jayadi selaku LPM desa Gunung Menyan sedang tidak ada dirumah. "Bapaknya lagi keluar," kata seorang anak laki-laki dirumahnya.

Tidak sampai disitu, untuk memastikan hal itu, wartawan juga mencoba menemui Ujang Maman selaku Kepala Desa Gunung Menyan. "Sedang tidak ada dirumah, lagi Itikaf di mesjid selama 40 hari, "katanya Istri Kepala Desa Gunung Menyan.

Terpisah, Forum Paguyuban Pemuda Pemerhati Desa, Dedi mengatakan, bahwa setiap anggaran yang di kucurkan melalui pemerintah pusat (APBN) maupun dari Pemerintah Daerah (APBD) harus ada keterbukaan anggaran melalui papan nama proyek sesuai dengan undang-undang nomor 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik.

"Bagaimana pelaksanaan fisik bisa menjadi lebih baik, kalau anggarannya di tutupi," tukasnya. (ED)

Posting Komentar