Breaking News

Disdukcapil Kabupaten Bogor Lakukan Percepatan Pelayanan Administrasi Kependudukan


Pada Tahun 2018 terdapat beberapa agenda penting di Kabupaten Bogor yaitu periode akhir pencapaian target penciri termaju yang salah satunya berkaitan dengan Kepemilikan KTP Elektronik, serta pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak, hal ini menjadikan Kepemilikan KTP Elektronik menjadi salah satu indikator keberhasilan yang perlu dicapai.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor melaksanakan beberapa langkah percepatan pelayanan perekaman dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan khususnya KTP Elektronik.

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor juga mempunyai beberapa program kegiatan unggulan lainnya dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

A.   Percepatan Cakupan Perekaman KTP Elektronik
1.    Sosialisasi Kepemilikan KTP Elektronik
2.    Pelayanan Jemput Bola Terpadu KTP el dan Kartu Keluarga
3.    Pelayanan Perekaman KTP elektronik Ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)
4.    Pelayanan Perekaman KTP Elektronik Ke Sekolah – Sekolah
5.    Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP Elektronik Orang Sakit Dan Gangguan Jiwa
6.    Penyelesaian Target Penduduk Potensial Non KTP Elektronik
a.    Membuat daftar penduduk yang belum rekam KTP elektronik by name by adress per RT dan RW;
b.    Bekerjasama dengan Kecamatan melalui Kasi Pelayanan dan aparat Kelurahan/Desa  mendistribusikan daftar tersebut kepada RT dan RW  dan membuat jadwal pelayanan perekaman di tingkat Kecamatan;
c.    Rekapitulasi hasil pelayanan rekam tersebut akan disimpan dan dilakukan pencetakan KTP elektroniknya sesuai kondisi stock blangko yang diberikan Pusat.


B.   Percepatan Penyelesaian Pencetakan KTP Elektronik
Guna penyelesaian permohonan cetak KTP Elektronik Diisdukcapil melakukan percepatan pelaksanaan pencetakan dengan menerapkan sistem shift 2 (dua) tim pergantian kerja pagi dan malam.

C.   Bimbingan Teknis Penyelenggara Administrasi Kependudukan
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia aparatur penyelenggara administrasi kependudukan, Disdukcapil menyelenggarakan Bimtek bagi 450 petugas register seluruh Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Kabupaten Bogor bertempat di hotel Rizen Kecamatan Megamendung.

D.   Pelayanan Akta Kelahiran Online dan One Day Service
Dalam rangka Percepatan kepemilikan akta catatan sipil khususnya akta kelahiran, Disdukcapil terus melaksanakan beberapa program unggulannya seperti pelayanan One Day Service (ODS) yang melayani 350 orang per hari, Akta Online melalui Semangat.bogorkab.go.id melayani 100 orang per hari, Pelayanan Jemput Bola ke Desa dan Sekolah – Sekolah telah melayani 16.997 orang pada periode Januari – April, serta P2WKSS sebanyak 866 orang. Sehingga total penerbitan akta kelahiran sampai dengan saat ini telah mencapai 79.200 akta.

Melakukan percepatan pelaksanaan pencetakan KTP Elektronik dengan menerapkan sistem shift 2 (dua) tim pergantian kerja pagi dan malam berdasarkan rekap daftar cetak yang telah dibuat per kelurahan. (Disdukcapil Kab.Bogor/Red)