» » » » » Lapas Khusus Teroris dan Revisi UU Terorisme Harus Disegerakan

BOGOR - Aksi kerusuhan teroris di Rumah Tahanan Cabang Salemba, Mako Brimob, Kelapa Dua, telah usai. Seluruh napi teroris yang terlibat kerusuhan akhirnya menyerakan diri dan dipindahkan ke Lapas Nusakambangan. Dari peristiwa itu, Egi Hendrawan dari Kantor Hukum Sembilan Bintang  dan partners menyoroti 3 aspek penting agar tidak terulang kembali.

Disebutkan Egi, tiga aspek utama yang harus dipertimbangkan tersebut meliputi penempatan narapidana teroris yaitu tingkat risiko, program pembinaan dan kemampuan sumber daya manusia serta sarana prasarana lembaga pemasyarakatan.

Ketiga aspek tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi keberhasilan lembaga pemasyarakatan dalam melakukan pembinaan narapidana. Oleh karena itu penempatan narapidana teroris harus dilakukan secara hati-hati dan disesuaikan dengan kebutuhan pembinaan.

"Direktorat Jenderal menyusun standar pembinaan narapidana teroris sebagai suatu panduan wajib bagi petugas pemasyarakatan di cabang rutan, rutan, dan lapas dalam penyelenggaraan pembinaan narapidana teroris. Standar tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No: PAS- 172.PK.01.06.01 Tahun 2015 tentang Standar Pembinaan Narapidana Teroris," tutur Egi.

Menurutnya, teroris memiliki karakteristik yang berbeda dengan napi pada umumnya. Oleh sebab itu, pembinaan terhadap narapidana teroris harus mendapatkan perlakuan yang bersifat khusus, dalam arti bahwa perlakuan terhadap individu dalam kasus terorisme tidak dapat dipersamakan dengan perlakuan terhadap narapidana kasus lainnya. "Maka dari itu, harus ada Lapas khusus Terorisme dengan pembinaan dan keamanan yang ketat serta Revisi UU Terorime harus segera diselesaiakan," tegas Egi.

"Peristiwa di mako brimob ini harus menjadi evaluasi bagi pemerintah dan kepolisian terkait dengan kondisi lapas kita, baik kelayakan maupun keamanan," tambahnya. (Red)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply