Breaking News

Danrem 061 Suryakancana Berikan Apresiasi Kepada Babinsa Melalui Babinsa Award 2018

KOTA BOGOR - Sebagai ujung tombak dari Angkatan Darat dibidang teritorial dan tanpa mengesampingkan tugas pokoknya sebagai seorang prajurit, Bintara Pembina Desa (Babinsa) mampu menjalankan tugas tambahan. Baik itu sebagai pendamping petani, penanganan bencana hingga pendidikan.

Melihat beratnya tugas mereka,
Komandan Korem (Danrem) 061 Suryakancana, Kolonel Infantri Muhamad Hasan SH memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Babinsa melalui lomba foto dan video yang bertemakan 'Babinsa Bela Bangsa' dengan kriteria objek meliputi kegiatan Babinsa dalam penanganan bencana, ketahanan pangan, keagamaan dan pendidikan. 

"Kegiatan hari ini adalah kegiatan Babinsa Award, yang artinya adalah suatu kegiatan untuk mengapresiasi kinerja Babinsa yang selama ini menjadi ujung tombak kegiatan pemulihan teritorial di Korem 061 Suryakancana dalam bentuk kegiatan lomba foto dan video yang diikuti masyarakat umum dan wartawan," kata Danrem, usai penyerahan Babinsa Award di Mess 31, Korem 061 Suryakancana, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (12/5/18).


Masih kata Danrem, kegiatan ini suatu bentuk penghargaan kepada Babinsa dan masyarakat yang menilai. Yang mana momen terbaik yang dilakukan oleh babinsa dalam sisi pekerjaan diwilayah tugasnya masing-masing.

"Selain Babinsa, kita juga memilih Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) terbaik yang merupakan mitra Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di desa-desa," jelasnya.

Danrem memaparkan, secara pokok, tugas-tugas Babinsa meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya.

"Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau gabungan. Hal-hal kecil yang dilakukan Babinsa adalah pengembangan besar terhadap bangsa ini, Babinsa bela Bangsa," paparnya.

Menurutnya, bentuk penghargaan yang dikemas seperti ini supaya Babinsa lebih fleksible dan tidak terlalu kaku dalam melaksanakan tugasnya. "Kegiatan ini cuma gagasan saya, dari ide yang dikembangkan sekitar 3 bulan yang lalu sehingga munculah Babinsa Award ini," pungkas Kolonel Infatri Muhamad Hasan SH. (Ibra)