» » » » » Buka Toko di Cibinong, Bhineka Perkuat Strategi Omnichanel Sasar Kawasan Potensial

Buka Toko di Cibinong, Bhineka Perkuat Strategi Omnichanel Sasar Kawasan Potensial

Penulis By on Selasa, 22 Mei 2018 | No comments

KAB.BOGOR - Selain menjadi toko online terpercaya yang hadir sejak 1999, Bhinneka (sebelumnya dikenal sebagai Bhinneka.Com) merupakan perusahaan e-Commerce pertama di Indonesia yang menjalankan strategi omnichannel. Salah satunya ialah penerapan online-to-offline (020) mulai 2001, dengan hadirnya Bhinneka Store atau toko fisik Bhinneka.

Setelah memiliki enam toko di Jakarta diantaranya di Mangga Dua Mall, Gunung Sahari, Ratu Plaza, Poins Square Lebak Bulus, Cibubur Junction dan Surabaya, kali ini Bhinneka Store juga hadir di Cibinong City Mall (CCM) lantai 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Efektif beroperasi mulai 21 April 2018, dan grand opening pada 19-20 Mei 2018. Acara dimeriahkan berbagai hiburan, promo dan program menarik, serta ditutup kegiatan buka puasa bersama ratusan pengunjung mall bertaraf menengah ke atas tersebut. 

Head of Commercial Bhinneka, Tulus Ciptadi menjelaskan, Cibinong dipilih untuk lokasi Bhinneka Store terbaru tahun ini, lantaran Bhinneka tengah menyasar daerah suburban atau kawasan-kawasan penyangga kota Jakarta di lingkar Bogor maupun Depok dan menyusul nantinya di sejumlah wilayah lain. 

"Apalagi kita ada di CCM, mal yang selalu ramai oleh warga Cibinong, Kabupaten Bogor, termasuk Depok, dan bahkan dari kota Bogor sendiri. Potensinya masih sangat besar, mengingat kompetitor Bhinneka di sini kebanyakan masih berupa toko konvensional. Di hari pertama buka saja, penjualan laptop di luar perkiraan," jelas Tulus Ciptadi, disela-sela acara buka puasa bersama awak media di Sagoo Kitchen Cibinong City Mall, Selasa (22/5/18).

Tampil modern, lanjutnya, Bhinneka Store CCM mengusung konsep seamless shopping. Memungkinkan pengunjung atau calon pembeli merasakan kemudahan layaknya berbelanja online. Setiap staf Bhinneka bisa menjadi personal shopping assistant bagi para pengunjung dan setiap pembelianpun sudah menggunakan invois digital.

"Kita tentu menghadirkan konsep seamless shopping di gerai CCM ini seperti di semua Bhinneka Store lainnya. Para pengunjung bisa berbelanja dibantu staf kami, maupun dilakukan secara mandiri menggunakan unit yang tersedia. Juga bisa memanfaatkan promopromonya, baik yang berlaku di website maupun khusus di toko," paparnya.

Tulus memaparkan, Seamless shopping dan pemanfaatan teknologi tersebut untuk mempermudah aktivitas berbelanja memang telah dihadirkan sejak awal. Bhinneka pun terus melakukan pengembangan dan peningkatan demi pengalaman berbelanja yang maksimal.

Sementara itu, masih kata Tulus, akan ada beberapa Bhinneka Store yang dibuka di tahun in'i. Salah satunya berada di pusat perbelanjaan Jakarta Selatan, dan akan beroperasi dalam waktu dekat. Semuanya dihadirkan guna perluasan jangkauan pemasaran dan layanan purnajual Bhinneka.

"Itu salah satu Iangkah penting. Sebab ada karakteristik yang berbeda antara pelanggan yang membeli secara online di situs www.bhinneka.com, serta yang datang ke toko berinteraksi secara langsung. Mengingat Bhinneka sudah berusia 25 tahun, dan memiliki rentang konsumen sangat luas. Tak hanya millennial saat ini, tetapi juga mereka yang muiai berbelanja sejak belasan tahun lalu," tukas Tulus.

Tentang Bhinneka

Untuk diketahui, Bhinneka adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar Iokal untuk kategori produk 3C: Compater/IT, Communication Technology & Consumer Electronics. Kini, Bhinneka telah menjadi pelaku e-Commerce BZB (business-to-business) terbesar di Indonesia untuk solusi pengadaan kebutuhan kantor dan bisnis dari berbagai skala.

Selain channel online, Bhinneka juga memiliki jaringan offline store sejak tahun 2001. Bhinneka hanya menjual produk-produk asli dan bergaransi resmi, serta memiliki pusat servisnya sendiri untuk Iayanan purnajual terbaik. (Ibra)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya