» » » » » Pembuatan Akta Kelahiran Di Disdukcapil Kota Bogor Mengalami Peningkatan

KOTA BOGOR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, mencatat pembuatan akta kelahiran anak di pertengahan tahun 2018, mengalami peningkatan yang cukup besar.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil DRA. Sonia memaparkan, pada pertengahan tahun ini tepatnya di bulan April 2018, mengalami kenaikan pembuatan Akta kelahiran anak. Dari data tersebut, Disdukcapil Kota Bogor mencetak sekitar 5000 lebih akta kelahiran anak yang ada di wilayah Kota Bogor.

"Di tahun 2016 lalu hanya 34 persen. Dengan jarak waktu hanya satu tahun, akhirnya pada tahun 2017 kita berhasil mencetak akta kelahiran anak mencapai 93,13 persen," paparnya kepada Wartawan, Jumat (13/4/18).

Dengan angka tersebut, lanjutnya, pembuatan akta kelahiran anak di Disdukcapil Kota Bogor mengalami kenaikan kurang lebih sekitar 60 persen. "Artinya Disdukcapil kota Bogor dengan baik melaksanakan, seperti apa yang di harapan oleh Presiden Joko Widodo pada beberapa tahun lalu melalui pidato Presiden dalam acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di salah satu negara lain," imbuh Sonia.

Menurutnya, secara fisik sebenarnya pembuatan Akta kelahiran anak di Kota Bogor telah mencapai 97 persen, akan tetapi sistem online baru terintegrasi pada awal tahun 2016. "Menang kita rendah, tapi kita di tahun 2017 sudah mencapai 93 persen," jelas Sonia.

Karena itu, untuk mencapai hasil yang maksimal, Disdukcapil Kota Bogor bekerjasama dengan beberapa intansi lain seperti Disdik (Dinas Pendidikan) dan berapa instansi pelayanan seperti Imigrasi, BPJS dan lainnya, dimana mewajibkan akta kelahiran itu harus dimiliki sebagai syarat pembuatan proses pengajuan ke instansi tersebut.

"Saya berharap kepada seluruh warga Kota Bogor, sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) tunggal. Dalam artiannya tercatat di Kartu Keluarganya agar mudah dalam melakukan pelaporan prosedural yang dibutuhkankan," pungkas Sonia. (Sugandi)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply