Breaking News

IWO Bogor Raya Dapatkan Anugrah Penghargaan di Universitas Islam Terbesar di Asia

Jakarta -- Para mahasiswa dapat menjadi ujung tombak dalam memerangi informasi bohong atau HOAX, yang beredar di dunia maya. Hal ini disuarakan oleh Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Bogor Raya Didin, saat menjadi pembicara kuliah terbuka, di Fakultas Ushuluddin, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, di Tangerang Selatan, Banten, Rabu, (11/4/2018).

Para pengurus IWO Bogor Raya juga mendapatkan apresiasi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta setelah berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan dalam bidang kewartawanan di depan puluhan mahasiswa dan mahasiswi kampus tersebut. 

"Jurnalis pekerjaan mulia. Untuk IWO Bogor, terutama mas Brodin (Didin-Red) Ketua IWO Bogor sudah saya lihat attitudenya, makanya kami undang di kampus ini untuk memberikan pengalaman-pengalaman dan kisah jurnalis serta suka dukanya," ungkap Dosen mata Kuliah Jurnalistik UIN Jakarta, Widya Burlian Alkalabi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IWO Bogor Raya Didin,  meminta agar nanti ketika mahasiswa terjun langsung ke profesi kejurnalisan agar tidak canggung. "Teori kadang berbeda dengan praktek, semoga pengetahuan yang sedikit dari kami bisa bermanfaat untuk adik-adik mahasiswa. Kedepan, jika nanti menjadi seorang jurnalis atau wartawan tetap berkarya menjadi jurnalis tangguh yang pasti tetap berpegang kepada kode etik jurnalistik," ujarnya usai tanya jawab dengan para mahasiswa.

Hal senada diungkapkan Bendahara Umum PP IWO Dwi Christianto, yang juga menjadi narasumber untuk multimedia dan media elektronik yang memaparkan sejarah IWO di tanah air. 

"IWO berdiri untuk menyuarakan kebenaran dan anti HOAX. Para mahasiswa pun harus mempertajam pengetahuan sehingga bisa menjadi agen perubahan, tidak terbawa arus HOAX dan malah mampu menjelaskan informasi yang benar," jelas Dwi.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. M. Suryadinata M.Ag memberikan apresiasi kepada IWO Bogor Raya yang  memberikan pengetahuan praktek jurnalistik. Suryadinata yakin pengalaman para punggawa IWO Bogor Raya di lapangan, mampu menjadi bekal ketika mahasiswa lulus dan terjun sebagai jurnalis. "Terimakasih atas pengetahuan yang sudah diberikan," ucapnya selepas memberikan piagam penghargaan kepada IWO Bogor Raya. 

Selain IWO Bogor Raya, hadir pula Tya dari Hazna Sasmira, Manajer Head Store produsen Hijab dan Busana Muslim, komunitas Jurnalis Cakrawala serta Fotografer senior asal Flores Wilfridus Ero, yang langsung didatangkan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berbagi inspirasi dan pengetahuan kepada para mahasiswa.

Universitas Islam Negeri Jakarta yang disingkat UIN merupakan perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Indonesia, bahkan di asia, dengan lebih 25.000 mahasiswa dari berbagai negara dan daerah di Indonesia, serta memiliki 65 guru besar dari berbagai disiplin ilmu. (Ibra)

Sumber : IWO Bogor Raya