» » » » » HPSN 2018 DLH Kabupaten Bogor Tingkatkan Kepedulian dan Peran Aktif Masyarakat



DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR
PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL
                             TAHUN 2018



Foto : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor,
Drs. R. PANDJI KSYATRIADI, M.Si.
Dewasa ini jumlah penduduk di Kabupaten Bogor terus meningkat. Tahun 2017, diperkirakan jumlah penduduk Kabupaten Bogor meningkat dari 5.587.390 menjadi 5.715.009. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka permasalahan lingkungan akan semakin kompleks. Salah satunya adalah jumlah timbulan sampah yang semakin meningkat. Pengelolaan sampah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta  partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam proses penyelenggaraan dan pengawasan di bidang pengelolaan sampah sangatlah penting untuk mewujudkan Kabupaten Bogor yang sehat dan bersih dari sampah. Pengelolaan sampah diselenggarakan berdasarkan asas : tanggung jawab, berkelanjutan, kesadaran, kebersamaan, keselamatan, keamanan, nilai ekonomi, produk ramah lingkungan.

Berkaitan dengan itu, Dinas Lingkungan Hidup  melaksanakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018 dengan bertemakan SAYANGI BUMI BERSIHKAN DARI SAMPAH, yang bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat Kabupaten Bogor mulai dari pribadi, komunitas sampai dengan perangkat daerah Kabupaten Bogor dalam mengelola sampah.
 
Kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari,  yaitu pada tanggal 21 Februari 2018 bertempat di Gedung Tegar Beriman, Jl.Tegar Beriman Kec. Cibinong dan tanggal 23 s/d 25 Februari 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Cimandala. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2018  yaitu TALKSHOW dengan tema “ SWAKELOLA SAMPAH MENUJU EKONOMI KREATIF’ dihadiri oleh tamu undangan ±1000 orang, yang terdiri dari SKPD, Camat, Lurah/Desa, KODIM 0621, TNI/POLRI, Perusahaan, Komunitas Lingkungan, LSM, Bank Sampah, Sekolah Adiwiyata dan Tokoh Lintas Agama. Talkshow dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Bapak Drs. Adang Suptandar, Ak. MM., dan dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi yang diikuti oleh seluruh peserta. Adapun isi deklarasi Kabupaten Bogor Bersih Sampah 2020 adalah :

DEKLARASI
KABUPATEN BOGOR BERSIH SAMPAH TAHUN 2020

Sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik, kami, masyarakat Kabupaten Bogor bertekad mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Sampah tahun 2020, kami siap bersama-sama :

·         Memilah sampah mulai dari sumbernya
·         Mengelola sampah secara bertanggung jawab
·         Berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah, guna mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Sampah tahun 2020


 

Tujuan kegiatan tersebut untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama bergerak mengubah perilaku lama menjadi PANDAI (Pilah, Ambil Sampah, Nabung Sampah, Daur Ulang Sampah Agar Indah) lingkungan kita serta melaksanakan pengelolaan sampah mulai dari memilah sampah sampai dengan mendaur ulang sampah. Sosialisasi kebijakan pemerintah akan pengelolaan sampah (penanganan dan pengurangan) tersampaikan dan dapat berjalan mulai dari lini terkecil. Adanya kampung biopori dan clean up. Adapun sampah yang dihasilkan pada kedua kegiatan tersebut diangkut oleh truk sampah yang telah disediakan.  
Sedangkan pelaksanaan kegiatan tanggal 23 s/d 25 Februari 2018 dihadiri oleh 300 Peserta yang berasal dari Pegiat Lingkungan, Pegiat Bank Sampah, Sekolah Adiwiyata dan Eco Village. Kegiatan ini berupa Jambore “Pos Pandai Greenvaganza 2018” dengan tujuan menjadikan Jambore sebagai ajang silaturahmi yang memiliki semangat Go-green berkelanjutan, wawasan masyarakat terhadap pengelolaan sampah meningkat.

Sasaran dari Kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional antara lain :
- Peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah. Peningkatan pengelolaan sampah yang berwawasan aman  terhadap lingkungan. Peningkatan peran serta masyarakat dari semua   elemen dalam pengelolaan sampah.  Pengurangan dampak sosial dan  dampak lingkungan dari pengelolaan sampah.
-   Target akan pengurangan dan penanganan timbulan sampah, pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah, pemanfaatan kembali sampah, pemilahan sampah, pengumpulan dan pengolahan sampah. 
-   Terlaksananya pengelolaan sampah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.  Setiap elemen masyarakat memperoleh informasi yang benar dan akurat mengenai  penyelenggaraan pengelolaan sampah. Dan memperoleh pembinaan agar dapat melaksanakan pengelolaan sampah secara baik dan berwawasan aman dan ramah lingkungan, berupa pendidikan lingkungan serta sosialisasi.