Breaking News

Cisarua Diguncang Gempa, Siswa SD Gunung Mas Berhamburan

KAB.BOGOR - Gempa berkekuatan 5,4 SR mengguncang wilayah Kabupaten Bogor, pada Kamis (26/4/18). Gempa yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB itu, membuat puluhan siswa dan siswi Sekolah Dasar Gunung Mas, di Kampung Gunung Mas RT 02/02, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dibantu puluhan relawan bencana berkoordinasi dan bahu membahu melakukan evakuasi serta mendirikan tenda darurat dan dapur umum di Lapangan Bola Gunung Mas Puncak.

Kejadian tersebut merupakan salah satu skenario latihan evakuasi dan simulasi bencana gempa yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Becana Nasional (HKBN) tahun 2018.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Firmasyah menjelaskan, latihan evakuasi dan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat khususnya para pelajar dalam penanggulangan bencana.

"Melalui simulasi bencana gempa ini, minimal mereka tahu langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana," tuturnya, usai Apel siaga bersama di Lapangan Bola, Gunung Mas, Cisarua, Bogor.

Dia berharap, dengan diberikan pelatihan tentang kesiapsiagaan bencana sejak dini, para pelajar tidak panik saat terjadi bencana, bisa membuat jalur evakuasi di sekolah dan menyelamatkan diri serta mampu meminimalisir dampak dari bencana tersebut. (Ibra)