» » » » » » Tim Sergab Korem 061/SK Laksanakan Sergab Di Kabupaten Bogor

BOGOR - Dalam rangka meningkatkan ketahanan Pangan Nasional, selama dua tahun ini Pemerintah gencar melakukan peningkatan program Ketahanan Pangan melalui UPSUS Pajale dan Program Serap Gabah (Sergab).

Hal itu, dapat dilihat dari Gencarnya Pemerintah Pusat maupun Daerah, dalam melakukan giat peningkatan Program Ketahanan Pangan Nasional tersebut salah satunya dengan melakukan kerjasama antara Kementeian Pertanian dan TNI AD. Dengan harapan agar Masyarakat Indonesia tidak lagi kekurangan Pangan dan tidak lagi mengimpor Beras dari Luar Negeri.

Hal itu disampaikan oleh Pasi Komsos Korem 061/SK Mayor Chb Marah Sulaiman mewakili Kasiter Korem 061/SK melalui keterangan Pers yang diterima Redaksi 87 Online News, Sabtu (3/3/18).

M. Sulaiman menyampaikan, Kegiatan peningkatan ketahanan Pangan Nasional juga saat ini sedang gencar dilaksanakan di Wilayah Korem 061/Suryakancana.

"Hari ini (Sabtu 3 Maret 2018), TIM Sergab (Serap Gabah) Kodim 0621/Kabupaten Bogor bersama Kementrian Pertanian (Kementan) melaksanakan Sergab di wilayah Kodim 0621/Bogor yang bertempat di Kecamatan Cariu dan Kecamatan Jongol Kabupaten Bogor,"jelasnya.

Dari data yang disampaikan oleh Pasi Komsos bahwa, Giat Sergab tersebut dilaksanakan oleh Gatot dati Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Maman Setdirjen Kementan, Kadiv Bulog Regional Cianjur, Kadistan Kabupaten Bogor, Dandim 0621/Bogor, Kasdim 0621/Bogor, Pasi Komsos Korem 061/SK, Danramil 2108 Cariu, Wadanramil 2107/Jongol, Ka UPT Pertanian Cariu, Kades Babakan Raden Kecamatan Cariu, Para Babinsa dan Staf Bank BNI Bogor.

"Giat Sergab saat ini, guna menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi agar pemerintah mengambil langkah untuk pengendalian harga. Kabupaten-kabupaten yang akan ditinjau adalah kabupaten yang saat ini sedang panen dan harga gabah kering panennya (GKP) di bawah harga pembelian pemerintah (HPP)," tutur Pasi Komsos, M. Sulaiman.

Selain itu Pasi Komsos juga memaparkan, bahwa Giat Sergab tersebut yakni untuk penyelamatan harga gabah petani bekerjasama dengan Bulog, Kementan dan TNI agar petani tidak merugi. Hal tersebut sesuai dengan Perpres 20/2017 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 48/2016 tentang Penugasan kepada Perusahaan Umum (Perum) Bulog dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional dan aturan relaksasi kadar air hingga 30 persen.

"Adapun hasil dari Sergab yang dilakukan di wilayah Kecamatan Cariu dan Jongol, Tim sergab berhasil menyerap gabah dari petani sebanyak 0,6 ton dari Kelompok Tani Balebat yang beralamat di Desa Babakan Kecamatan Cariu," ungkapnya.

Sedangkan di Kecamatan Jongol dari Kelompok Tani Al-Basyah yang beralamat di Kampung Cibendo Desa Sukagalih Kecamatan Jongol dapat menyerap gabah sebanyak 10 ton, dari rencana yang akan di sergab sebanyak 100 Ton. "Untuk 90 ton, masih dalam proses panen,"pungkasnya. (Gandi)

Sumber : Kapenrem 061/SK.

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply