UPDATE

header ads

Berikut Data Sementara Bencana Di Kabupaten Bogor Yang Dihimpun Jajaran Korem 061 Dan Kodim 0621

KAB.BOGOR - Untuk mengetahui langsung kondisi bencana longsor yang terjadi diwilayah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Komandan Korem (Danrem) 061/SK, Kolonel Infantri M Hasan di dampingi Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor, Letkol inf Fransisco berserta jajarannya meninjau langsung ke lokasi, Senin (05/02/18). 

Kodim 0621/Kabupaten Bogor merilis data dampak bencana yang terjadi di beberapa wilayah Kabupatan Bogor berdasarkan informasi dari Babinsa dan Koramil wilayah masing-masing.

Data yang dihimpun diantaranya, dari Koramil Cisarua melaporkan,  Desa Citeko, Kampung Citeko Legok RT 01/04. Telah terjadi luapan air kali atau selokan yang mengakibatkan air masuk ke rumah 2 warga, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

Sedangkan di Desa Tugu Utara, tepatnya Jalan Raya Puncak depan Hotel Green Hill sampai dengan Hotel Pardede telah terjadi tebing longsor dan 4 buah tiang listrik beton roboh sehingga menutup jalan raya puncak. 

Di desa Kopo, tepatnya di Kampung Muara Rt 03/04, telah terjadi banjir bandang yang mengakibatkan sebagaian rumah milik Mail terbawa arus dan longsor tebing.

Di Kampung Cidokom Rt 02/12. Desa Batulayang, Kampung Batu Kasur RT 01/03,telah terjadi bencana banjir bandang yang mengakibatkan 2 buah bangunan rumah milik Roby Johan terbawa hanyut. 

Desa Lewimalang, Kampung Leuwimalang Rt 01/01, telah terjadi bencana bangunan teras Villa Lembah Tirta, milik Bpk. Rahmat Darwis, terbawa arus luapan sungai Ciliwung. Di semua wilayah diatas tidak ada laporan korban jiwa. 

Untuk wilayah Kecamatam Megamendung, terdapat di Desa Sukaresmi, Kampung Situ RT 03/03, telah terjadi bencana tebing longsor yang mengakibatkan 2 rumah rusak milik Jajang dan Hemi. Desa Sukakarrya, Kampung Coblong RT 01/02 telah terjadi bencana tebing longsor yang menimpa rumah milik Sarif, Desa Kuta, Kampung Kuta RT 04/02, telah terjadi bencana longsor yang menimpa 3 rumah milik Omay dan Ibu Aroh rusak ringan serta rumah milik Bapak Sule rusak berat. Kampung Pakancilan Bawah RT 04/02, telah terjadi bencana tebing longsor yang mengakibatkan akses jalan Desa Kuta tertutup. 

"Dari informasi terdapat 6 korban jiwa, 1 orang meninggal Dunia atas nama Lilis Binti Hidayat (40), 1 orang kritis dan 4 orang lainnya di laporkan mengalami luka-luka dan sudah di evakuasi ke RS Cimacan Kabupaten Cianjur," ungkap Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol inf Fransisco melalui keterangan Pers.

Saat ini, pihak TNI melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk penggunaan alat berat, serta menggerahkan personel untuk membantu membersihkan material akibat longsor yang menutupi jalan dan membantu evakuasi korban. 

"Sementara pasukan gabungan yang dilibatkan antara lain Kodim 0621/Kabupaten Bogor, 2 SST,  Yon Armed 5, 2 SST,  Polres Bogor, 2 SST, BPBD Kabupaten Bogor, 1 SST dan Pol PP Kecamatan Cisarua 10 orang," jelasnya.

Terpisah, laporan dari Koramil Cibungbulang terjadi tanah longsor mengenai rumah Asep Roso di Kampung Babakan Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Muspika Cibungbulang menghimbau Roso sementara mengungsi di rumah tetangga, Anggota Koramil Cibungbulang bersama warga melaksanakan pembersihan di lokasi longsor," tambah Dandim.

Dari Koramil Ciawi terjadi tanah longsor mengenai Pondok Pesantren Nurul Qur'an Mustopa, Kampung Banen, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin pimpinan AKBP H.Jupri. "Tanah longsor mengenai rumah Bapak Amil Ujun," imbuhnya.

Selain itu, di Kampung Leuwi Kaso, Desa Cinagara Kecamatan Caringin, juga terjadi musibah tanah longsor dan mengenai rumah Kiding, Bapak Usman dan Bapak Ido di Kampung Loji Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi. 

Tidak ada korban jiwa diwilayah ini, sementara Muspika telah mengambil langkah-langkah melaksanakan pembersihan bersama masyarakat di lokasi tanah longsor yang menutupi rumah.

Dari Koramil Nanggung dilaporkan terjadi tanah longsor di ruas jalan menuju Kampung Citalahap lebih kurang 1 km setelah pertigaan Kampung Cisangku, Desa Malasari Kecamatan Nanggung, kondisi ini sudah di koordinasikan dan di laksanakan dengan PT. Antam dan BPBD Kabupaten Bogor serta Muspika untuk pembersihan tanah yang menutupi jalan.

Wilayah Koramil Cijeruk terjadi tanah longsor di jalur Rel Kereta Api sepanjang 40 meter, dan 3 unit rumah hancur di Kampung Cipaok Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk, Muspika setempat mengungsikan warga yang terkena tanah longsor di rumah tetangganya dan koordinasi dengan pihak PT.KAI terkait dengan jalur kereta api yang longsor.

Wilayah Koramil Cibinong, terdapat 10 unit rumah terendam banjir setinggi 1 meter sampai dengan 1,5 meter. Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong. Tidak ada korban jiwa, saat ini mengungsikan warga yang terkena banjir untuk antisipasi kemungkinan luapan air makin tinggi.

Wilayah Koramil Sukaraja, SMK Master Indonesia terendam banjir setinggi 60 centimeter, di Kelurahan Karadenan Kecamatan Sukaraja. Tidak ada korban jiwa, sementara siswa di liburkan mengantisipasi air meluap.

Sumber: Korem 061/SK dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor. 

Posting Komentar