Breaking News

Presiden Perintahkan TNI - POLRI Bentuk Satgas Tangani Kesehatan Di Papua

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo, perintahkan TNI-Polri bentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menangani bencana kesehatan Gizi Buruk dan Campak di Kabupaten Asmat, Papua.

"Kita teruskan apa yang di perintahkan oleh Bapak Presiden membentuk satuan tugas dari TNI-Polri," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat meneruskan paparan Presiden RI Joko Widodo, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Selasa, 23/01/2018.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol. Boy Rafli Amar mengadakan kunjungan ke wilayah Distrik Atsj, Asmat-Papua, untuk melihat kondisi masyarakat di sana yang terkena gizi buruk. Kamis, (18/01/ 2018).

Kunjungan Kapolda Papua di Distrik Atsj tersebut, didampingi oleh Pejabat Utama Polda Papua, Kapolres Asmat. Di Atsj, Kapolda dan rombongan di sambut langsung oleh Sekda Kabupaten Asmat dan Kepala Distrik Atsj.

Dari Polsek Atsj, Kapolda Papua tersebut melanjutkan perjalanan menuju Puskesma Atsj menggunakan motor listrik, kemudian langsung menemui dan becanda dengan anak-anak sambil menggendong balita, Kapolda juga memberikan bantuan tali kasih kepada keluarga korban gizi buruk.

Warga juga mendapat bantuan makanan siap saji, seperti biscuit, susu, dan lainnya dari Kapolda yang di terima langsung oleh Kepala Puskesmas Distrik Atsj, Ambrosius Oktan.

"hari ini kita telah tiba di distrik Atsj, kabupaten Asmat, Papua, dengan jarak tempuh perjalan dari Kota Agats sekitar 2 jam dengan sarana angkut laut. Kita juga sudah melihat beberapa ibu dan anak yang di rawat dan sedang berobat di Puskesmas Distrik ATSJ, yang mengalami sakit campak dan malaria," Kata Kapolda, Irjen Pol. Boy Rafli Amar.

Lanjut Kapolda, Tim Dokkes Polda Papua dan Dinas Kesehatan juga melakukan pelayanan di Distrik Atsj beberapa hari kedepan, untuk melayani kesehatan masyarakat di Distrik Atsj ini. Katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Distrik Atsj, mengucapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan Kapolda Papua di Distrik Atsj, dan juga kepedulian Polri untuk kasus yang terjadi di Tanah Asmat. Semoga kedepannya lebih baik lagi untuk menjalin kerja sama demi membangun Kabupaten Asmat ini. (Tadin)