» » » » » » Antisipasi Gempa Susulan, Danrem 061 SK Siagakan Pasukan Di Lokasi Bencana

Komandan Korem 061 Suryakancana, Kolonel Inf. Muhammad Hasan, SH bersama Kapolres Bogor, AKBP Andi M Dicky Pastika Gading saat penyerahan Bantuan Logistik Kepada Korban Gempa Di Kp. Cilanggar, Kecamatan Nanggung
KAB.BOGOR - Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Bogor Kolonel Inf. Muhammad Hasan, SH menginstrusikan anggotanya untuk siaga pasca gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR) yang mengguncang kawasan Lebak, Provinsi Banten pada Selasa (22/1/18) hingga berdampak ke beberapa kecamatan diwilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Danrem mengatakan, instruksi tersebut dimaksudkan selain 
untuk membantu membersihkan puing-puing rumah yang roboh, juga untuk mengevakuasi warga jika terjadinya kemungkinan gempa susulan.

"Saya perintahkan seluruh pasukan yang ada di jajaran Korem 061 untuk siaga di beberapa titik lokasi terdampak guna mengantisipasi adanya gempa susulan," kata Kolonel Inf Muhammad Hasan, dilokasi bencana di Kampung Citalahab, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Rabu (24/1/18).

Selain melakukan peninjauan di Kampung Citalahab, Danrem bersama jajarannya juga melakukan validasi data korban yang kemungkinan belum terdata di beberapa tempat. 

"Semalam kan baru disini,  ternyata di beberapa tempat seperti di Cilanggar dan Bantar Karet ada yang terkena dampak lebih banyak dari sini. Diwilayah itu banyak rumah-rumah yang hampir roboh, sehingga kita validasi data lagi kemudian disinergikan dengan bantuan yang ada baik bantuan personil maupun materil," terangnya.  

Disamping itu, data tersebut nantinya akan diserahkan ke Pemerintah Daerah, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk penanganan selanjutnya. "Sementara kita hanya membantu tanggap darurat seperti makanan dan kesehatan," tuturnya.

Danrem mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya mengalami rusak parah agar segera mengungsi, karena di khawatirkan ada gempa susulan. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan satu unit posko pengungsi di Bantar Karet, dengan jumlah pengungsi sekitar 100 jiwa. 

Yang penting saat ini, ucapnya, kewaspadaan harus ditingkatkan sehubungan kemungkinan adanya gempa susulan yang akan terjadi. "Personil masih standby di lokasi untuk beberapa hari kedepan, seluruh pasukan diwilayah agar tetap siaga menjaga wilayah masing-masing," pungkasnya. (Ibra)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply