» » » » » Tanggul Kolam Limbah Jebol, Warga Kampung Sidempok Datangi PT Antam

BOGOR - Akibat jebolnya tanggul kolam limbah B3, yang di duga milik PT Antam yang masuk ke pemukiman mengakibatkan aliran air sungai bondongan tercemar. Disamping itu juga berdampak kepada sejumlah warga yang mengalami gatal-gatal bahkan ikan dan ekositem di alirian sungai terkena dampak dari limbah tersebut.

Salah satu warga Kp Sidempok, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung berinisial CM mengatakan, penyebab utama tanggul limbah jebol akibat dari lalainya PT Antam. Menurutnya, seminggu sebelum kejadian warga sudah menegaskan harus segera diperbaiki.

"Kejadian ini akibat dari kelalayan mereka, (PT.Antam, red) yang tidak memperhatikan limbah tersebut, bahkan pada saat itu pihak PT antam sendiri sudah mengecek kelokasi. Nyatanya tidak dihiraukan, hingga menyebabkan kerugian bagi warga," ungkapnya, kepada wartawan, Selasa (19/11/17).

CM menuturkan, akibat kejadian ini sangat merugikan masyarakat sekitar dan masyarakat menjadi resah. Sebab, sungai yang selama ini digunakan warga untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan mencari ikan tidak bisa lagi di manfaatkan karena ekosistem yang ada di sungai bondongan sudah tercemar.

"Ini sudah jelas merugikan kita semua, masyarakat sudah dibuat resah dengan jebolnya tanggul B3 milik PT Antam tersebut. Kami sudah tidak bisa menggunakan air sungai buat nyuci baju atau yang lainnya," tutur CM.

Karena itu, warga menuntut untuk meminta pertanggungjawaban kepada pihak PT Antam atas kejadian tersebut serta menutup pembuangan limbah tersebut karena dinilai sudah tidak layak.

"Kami minta untuk tutup, demi nyawa manusia, kami juga minta PT Antam membuatkan rumah sakit atau puskesmas sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada warga agar bisa terobati dan minta kepada perusahan untuk segera mengganti rugi materil maupun non materil milik kami," ujar salah satu warga saat menyampaikan kepada pihak PT Antam. (Kucay/An/Red)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar :

Leave a Reply