UPDATE

header ads

GR2B Bersama FPII Korwil Kota Bogor Distribusikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

KOTA BOGOR - Musibah kebakaran yang menghanguskan sedikitnya sekitar 45 rumah warga di Kampung Gudang RT05/01 Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Senin (25/12/17) mengundang kepedulian dari berbagai kalangan. 

Salah satu bentuk kepedulian tersebut ditunjukan oleh Ketua Gerakan Rakyat Bogor Bersatu (GR2B) Mulya Sinaga bersama Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Korwil Kota Bogor, setwil Jawa Barat dan rekan media Bogor Headline.com memberikan bantuan berupa makanan dan minuman siap saji kepada para korban kebakaran yang berada di pengungsian.

Ketua GR2B, Mulia Sinaga menjelaskan, kedatangannya beserta para pengurus GR2B dan sejumlah awak media ini ingin menunjukkan sikap empati atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita yang sedang mengungsi. Kiranya, bantauan ini bisa membantu meringankan beban korban kebakaran.

"Selain mengirimkan bantuan berupa beberapa kebutuhan pokok, kami dari GR2B akan berkoordanasi dengan pihak terkait untuk penataan tata ruang supaya hal ini tidak terulang lagi dimasa yang akan datang," tutur Mulia Sinaga usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Selasa (26/12/17).

Disamping itu, lanjutnya, pihaknya juga akan mendesak Pemerintah Kota Bogor agar secepatnya melakukan relokasi para korban musibah kebakaran yang saat ini masih diungsikan serta mengajak masyarakat khususnya warga Kota Bogor untuk bersama-sama membantu meringankan beban korban yang saat ini masih mengungsi.

"Untuk jangka pendek, kami akan mendesak Pemkot Bogor untuk melakukan relokasi korban secepatnya. Kami juga mengajak warga Bogor lainnya untuk membantu meringankan beban mereka agar bersama-sama turun tangan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah," tuturnya.

Sementara itu, Sekertaris FPII Korwil Kota Bogor, Ibrahim Hermawan mengungkapkan rasa prihatin atas musibah kebakaran yang melahap puluhan rumah hingga berdampak pada ratusan jiwa yang harus mengungsi.

"Karena itu, kami GR2B bersama rekan dari FPII Korwil Kota Bogor berembuk secara spontanitas untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yg terkena musibah," terangnya.

Dikatakannya, dirinya telah berkoordinasi dengan jajaran FPII Korwil Kota Bogor baik pengurus mau pun anggotanya untuk menggalangan donasi dari anggota dan pengurus FPII Korwil Kota Bogor.

"Kami tidak melihat besar kecilnya donasi dari rekan-rekan FPII Korwil Kota Bogor, tetapi yang dinilai adalah sejauh mana kekompakan dan rasa solidaritas serta kepedulian terhadap sesama," ungkapnya.

Dari hasil donasi yang terkumpul, lanjutnya, akan akan dibelikan berbagai keperluan seperti obat-obatan atau lainnya yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi. "Semoga bantuan yang diberikan nantinya bisa membantu meringankan beban mereka," kata Ibra Hermawan, pimpinan redaksi 87onlinenews.com yang akrab disapa Kang Ibenk.

Informasi terakhir yang dihimpun tim FPII Korwil Kota Bogor, saat ini tecatat sedikitnya 45 unit rumah warga yang terbakar dan jumlah pengungsi yang menempati penampungan di SDN Empang 4 sebanyak 34 KK dari 77 KK sisanya ditampung oleh para tetangga dan saudara para korban.

"Untuk data sementara, korban kebakaran sedikitnya ada 45 unit rumah yang terdiri dari 219 jiwa," kata Maruli, Komandan Regu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, saat ditemui wartawan usai menerima bantuan.

Menurutnya, saat ini bantuan yang dibutuhkan para pengungsi diantaranya pakaian dalam, seragam sekolah, obat-obatan dan konsumsi serta kebutuhan untuk balita.

"Kalau bantuan berupa pakaian, Alhamdulillah sudah tercukupi dari berbagai pihak, namun yang dibutuhkan pengungsi saat ini berupa makanan, obat-obatan, pakaian dalam pria dan wanita dan kebutuhan balita terutama susu," tuturnya.

Dikatakannya, untuk relokasi, pihak BPBD saat ini masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait. "Untuk rencana relokasi, kita masih menunggu sampai 7 hari kedepan. Sementara untuk saat ini kita masih koordinsai dengan Pemkot Bogor," pungkas Maruli. (FPII Korwil Kota Bogor)

Posting Komentar