Breaking News

Warga Cileungsi Kidul Dapat Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah Dan Rumah Kompos

BOGOR - Daerah perkotaan dengan padatnya pemukiman penduduk maupun banyaknya titik perindustrian, menjadi keharusan mencari solusi dalam mengatasi persoalan dalam menangani sampah hingga lahan yang minim untuk bercocok tanam.

Seperti di wilayah timur Kabupaten Bogor, khususnya di Kecamatan Cileungsi, dengan padatnya penduduk dan perkembangan banyaknya industrial maupun infrastruktur, tak luput dari persoalan mengenai penangan sampah yang intensif hingga minimnya lahan untuk dimanfaat bercocok tanam.

Oleh karena itu, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) bersama Ristekdikti melakukan sosialisasi kepada warga mengenai pembentukan Bank Sampah, pengolahan kompos menjadi Pupuk Organik dan pembuatan Tanaman Hidroponik.
Bertempat di Posko PDIP Cileungsi, Jalan Bojongkaso, RT 04/ RW 08 Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Senin (6/11/2017).

Dengan tema 'Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Organik Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kebupaten Bogor'.

Puluhan warga Desa Cileungsi Kidul dihadirkan untuk mendapatkan pelatihan mengenai penanganan sampah produktif maupun non produktif dan cara bercocok tanam sistem organik dengan cara hidroponik, mulai dari pemaparan teori hingga mekanisme prakteknya. Selain membentuk kelompok, para peserta pelatihan juga mendapatkan bantuan dana hingga peralatan hidroponik.

Mengawali sambutannya, tokoh masyarakat yang juga sebagai Pelopor Penggiat Bertanam Organik dan Fasilitator berjalannya kegiatan Pelatihan Rumah Bank Sampah maupun Rumah Kompos, Muad Khalim, mengatakan dirinya menggandeng pihak yang berkompeten dalam memberikan pelatihan dibidangnya kepada masyarakat. "Saya gandeng PNJ bersama Ristekdikti dan para ahli lainnya dalam memberikan pelatihan," tuturnya.

Turut hari pada kesempatan itu, diantaranya para ahli dari penanganan dan pembentukan mengenai Bank Sampah, Rumah Kompos hingga Penanaman tanaman Organik dengan cara Hidroponik, Ir. Budi Damianto, M.Si, Dr. Nining Latianingsih bersama tim dan Ir. Yus Munip Pangihutan. Serta hadir Kepala P3M, Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa Cileungsi Kidul. (Yudhi)