UPDATE

header ads

Pemdes Waringin Jaya Maksimalkan Penggunaan Dana Desa Melalui Berbagai Pembangunan

KAB.BOGOR - Meski faktor cuaca yang tidak menentu dan kadang menjadi hambatan, untuk memaksimalkan penyerapan dana desa tahap II, tahun 2017 sesuai dengan RPJMDes, Pemerintah Desa (Pemdes) Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, terus melaksanakan berbagai pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat salah satunya, yakni peningkatan jalan lingkungan (Jaling).

Jalan lingkungan baik yang telah terealisasi, mau pun yang sedang tahap pengerjaan diantaranya, betonisasi jalan lingkungan di wilayah RT 01 dan RT 02, RW 02 sepanjang 1.030 meter dengan anggaran senilai Rp 108.150.000, betonisasi jaling diwilayah RT 01/04, sepanjang 800 meter, dengan total anggaran Rp 28 juta serta betonisasi jalan di RT 03/09, sepanjang 112 meter dan lebar 2,5 dengan anggaran Rp 29.400.000.

"Selain itu, pembangunan jalan lingkungan juga dikaksanakan di wilayah RT 02/03 sepanjang 450 meter, dengan anggaran senilai Rp 47.250.000, serta betonisasi jalan lingkungan diwilayah RT 03/06, sepanjang 200 meter dengan anggaran sebesar Rp 21 juta," papar Kepala desa Waringin Jaya, Rohmat melalui Sekdesnya Rusdi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/11).

Rusdi juga menjelaskan, disamping digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur jalan, dana desa tahap II yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) juga dialokasikan untuk melakukan rehab Posyandu diwilayah RW 07, dengan anggaran sebesar Rp 27.500. 000, serta pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan.

"Sisa anggarannya kami alokasikan untuk pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan anggaran sebesar Rp 10.500.000  dan Pemberian Makan Tambahan (PMT) di 14 Posyandu yang tersebar di seluruh wilayah Desa Waringin Jaya dengan biaya sebesar Rp. 17.500.000. Untuk jalan lingkungan di RW 02 saat ini pembangunannya sedang berjalan," kata Rusdi. 

Rusdi juga menjelaskan, Kades Waringin Jaya memiliki target pencapaian seluruh pembangunan diwilayahnya bisa di selesaikan pada tahun 2021, atau sesuai akhir masa jabatannya. 

"Harapan Bapak seperti itu, target pencapaian pembangunan hingga tahun 2021 atau di akhir masa jabatan semua kebutuhan masyarakat sudah terealisasi dengan baik seperti jalan lingkungan, jalan desa dan fasilitas umum seperti kesehatan atau posyandu," urai Sekdes.

Menurutnya, pada tahun 2018 mendatang, Dana Desa juga akan dialokasikan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Bumdes Ini sendiri bila dilihat dari potensi yang ada di Desa Waringin Jaya adalah di bidang  kuliner dan bidang percetakan. 

"Usaha Ini sendiri akan memberdayakan para pemuda yang ada di Desa Waringin Jaya sesuai keahliannya, agar mereka memiki lapangan pekerjaan," imbuhnya. 

Selain pembangunan infrastruktur jalan, untuk melayani masyarakat dibidang kesehatan, Pemdes Waringin Jaya juga saat ini sedang menyelesasikan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berlokasi tepat di samping kantor Desa dengan menggunakan anggaran dari Kementrian Kesehatan RI sebesar Rp 450 juta.  

"Pembangunannya saat ini sudah tahap finising, Pustu ini sendiri nantinya dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu, Apitotik, ruang Rawat Khusus ibu hamil atau layanan bersalin," terangnya.

Dikatakannya, keberadaan Pustu Ini sangat diharapkan oleh masyarakat. Karena sebelum ada Pustu ini, warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan harus menempuh jarak yang cukup jauh, seperti ke Puskesmas Desa Sudi Mampir atau Pukesmas yang berada di Wilayah Desa Bojong Gede. "Semoga dengan adanya Pustu ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga  mereka tidak perlu jauh-jauh terutama bagi ibu hamil dan melahirkan," pungkasnya. (IB)

Posting Komentar