Breaking News

Kompetisi Sepak Bola Liga Desa Nusantara Tahun 2017 Digelar Di Lapangan Desa kalong 1

KAB.BOGOR - Dalam upaya menggali bibit dan potensi Pesepak bola yang ada di Desa se-Kabupaten Bogor, Kementrian Pemuda Dan Olahraga, Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Pemerintah Desa Kalong 1 menggelar Liga Desa Nusantara Kompetisi Sepakbola Max U-20 Tahun 2017, bertempat di Lapangan Desa Kalong 1, Kampung Cigarung RT 11/04 Desa Kalong 1 Kecamatan Leuwisadeng, Kamis (23/11/17).

Pembukaan acara Kompetisi Sepakbola ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Kapolsek, Danramil, Camat Leuwisadeng yang diwakili Sekcam, dan Kepala Desa yang mengikuti Kompotisi Sepakbola liga Nusantara dari 16 Desa di 13 Kecamatan.

Dalam sambutanya, S.Yenih Yeyen Pemana Kepala Desa Kalong I, mengatakan bahwa Liga Desa Nusantara 2017 adalah ajang pencarian bibit dan penguatan olahraga di desa. Selain itu, juga sebagai bagian dari 4 program unggulan Kementerian Desa.

"Diharapkan, Liga Desa dapat mendukung salah satu program Kementerian Desa yang dikerjasamakan dengan Kementerian olah raga, dalam melahirkan atlet-atlet unggulan tingkat Nasional bahkan dunia. Saya optimistis, di desa banyak potensi atlet yang belum tergali dan ini momentum yang tepat," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suherman,SAG selaku panitia penyelenggara menuturkan, Liga Desa Nusantara 2017 juga merupakan media sportivitas dan semangat bagi desa membangun Indonesia dengan mengoptimalkan Dana Desa untuk kesuksesan program prioritas kementerian. 

"Seperti diketahui, program itu salah satunya Produk Unggulan Kawasan Desa (Prukades) untuk memperkuat ketahanan kemandirian desa, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk wadah dan kelembagaan penguatan ekonomi desa. Dengan adanya Liga Desa ini, harus memicu sportivitas desa dalam mewujudkan desa membangun Indonesia," tutur Suherman.

Ada pun untuk Regional Suherman menyampaikan, ada 16 Regional di 2 Provinsi. Program percontohan Kementerian Desa, Kementrian Pemuda Dan Olahraga, diantaranya yang melaksanakan pertandingan  Liga Desa Nusantara 2017 itu diantaranya, Propinsi Banten 4 Regional, Provinsi Jawa Barat 12 Regional termasuk didalam nya Bogor. "Jumlahnya 16 Regional, Nanti Systemnya dari Regional Kabupaten Bogor tidak langsung ke Provinsi karna memang cuma 2 Provinsi. Jadi langsung ke seri Nasional yang akan dilaksanakan di Subang," pungkasnya. (Edi Junaedi)