Ketua Umum Garda RI : Jawaban Kadinkes Kabupaten Subang Tak Masuk Akal -->

Adsense




Ketua Umum Garda RI : Jawaban Kadinkes Kabupaten Subang Tak Masuk Akal

87 Online News
Rabu, 11 Oktober 2017

SUBANG - Terkait dana Jampersal (Jaminan Persalinan) yang hingga saat ini belum terealisasi di Kabupaten Subang, Garda RI dipimpin langsung Ketua Umum Denis FW, melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala dinas terkait diantaranya Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan para jajaran DPRD Komisi IV, bertempat di Ruang  Paripurna DPRD Subang, Rabu (11/10/2017).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Subang, dr. Dwinan menuturkan, pihaknya tidak menerima dana pertama dari Kementrian Kesehatan. Sedangkan dana yang diterima pada bulan april merupakan dana yang kedua, dan pihaknya belum berani mengeluarkan anggaran tersebut dengan alasan belum adanya Peraturan Bupati, yang saat ini sedang di proses.

"Dana pertama tidak keluar dari Menteri Kesehatan, pada bulan april itu anggaran yang kedua. Kami tidak berani mengeluarkan anggaran tersebut sebelum ada peraturan Bupati (Perbup). Perbup tersebut sedang proses, kebetulan beberapa hari ini Bupati sedang tidak ada dikantor," tutur Dwinan.

Menurutnya, Sesuai dengan Permenkes 71, untuk Jampersal ketentuan lebih lanjut dari pemakaian sesuai aturan dari daerah yang berlaku. Namun, ternyata aturan itu masih tersangkut di bupati, "Kita sudah kasih ke Bupati, tinggal menunggu saja," tambah Dwinan.

Untuk mengatasinya, lanjut Dwinan, di Dinkes ada dana Jamkesda untuk Jampersal.

"Kita sudah MoU dengan RSUD, RS Mata, RS PMC di Pamanukan, Mekar Harum lagi proses dan klinik lainnya," ujar Dwinan.

Ketua Umum Garda RI, Denis FW mengaku kurang puas dengan jawaban yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dwinan. "Jawaban tersebut seperti alibi yang tidak masuk di akal," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah menurunkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp21 miliar lebih untuk Kab Subang. Salah satu dana tersebut diperuntukkan untuk Jampersal. (S.Bachrie)