Pemdes Waringin Jaya Genjot Pembangunan Jaling Dan Fasilitas Kesehatan -->

Adsense




Pemdes Waringin Jaya Genjot Pembangunan Jaling Dan Fasilitas Kesehatan

87 Online News
Selasa, 12 September 2017

BOJONG GEDE - Kucuran dana desa (DD) dari pemerintah pusat ke seluruh desa membawa perubahan nyata dan signifikan bagi pemerintah Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor yang telah melaksanakan sejumlah pembangunan fisik dalam tahap awal penggunaan dana desa tahun 2017 tahap satu. Pembangunannya difokuskan pada infrastruktur jalan dan fasiliatas kesehatan serta pemberdayaan masyarakat dibidang pelatihan mamajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Desa (Kades) Waringin Jaya, Rohmat menuturkan, dana desa tahap satu senilai Rp 500.017.900 (Lima Ratus Juta Tujuh Belas Ribu Sembilan Ratus Rupiah) diprioritaskan untuk pembangunan fisik. Hal itu karena ada beberapa pekerjaan jalan lingkungan yang harus diperhatikan.

"Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas desa Waringin Jaya, adapun beberapa pembangunan infrastruktur yang di kerjakan diantaranya, pembangunan jalan lingkungan diwilayah RW 07 sepanjang 2.000 meter dengan lebar 1,2 meter dan pembangunan jalan lingkungan diwilayah RW 05 sepanjang 1.800 meter dengan lebar 1 meter,"papar Kades Waringin Jaya saat ditemui 87 Online News di ruang kerjanya, Selasa (11/09/2017).

Foto : Pembangunan Posyandu di RW 02
Disamping itu, lanjutnya, dana desa tahap satu yang diterimanya juga digunakan untuk pembangunan dua Posyandu di wilayah RW 07 dan di wilayah RW 05 dengan ukuran masing-masig 4x6 meter serta pemberdayaan masyarakat dibidang pelatihan mangement BUMDes dan pembelian alat kesehatan.

"Program kerja yang telah dilaksanakan mengutamakan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui penggunaan dana desa dilakukan secara transparan. Selain dana desa, dalam merealisasikan dana bantuan dari Provinsi (Banprov) Jawa Barat tahun 2017 yang diterima Pemdes Waringin Jaya dialokasikan untuk betonisasi jalan desa di wilayah RW 07, sepanjang 430 meter dengan lebar 3 meter,"ungkap Rohmat.
Foto : Pembangunan Posyandu Di RW 05
Ia menambahkan, kedepan, dana desa tahap dua rencananya akan digunakan untuk pembangunan jalan lingkungan diwilayah RW 03 diantaranya di RT 01 dan RT 02 serta di RW 06 di RT 04 dan RT 09. Dengan dilaksanakannya sejumlah pembangunan tersebut diharapkan seluruh warga masyarakat Desa Waringin Jaya dapat merasakan manfaatnya. "Kami menghimbau agar apa yang sudah direalisasikan berupa pembangunan infrastruktur tersebut kiranya dapat dijaga dan dipelihara sebaik mungkin,"imbuhnya.

Sedangkan untuk progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Prona) pihhaknya telah merealisasikan sekitar 90 persen dari 2200 berkas.

"Alhamdulillah, untuk program PTSL didesa Waringin Jaya sudah dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku. Saat ini telah terealisasi sekitar 90 persen, tinggal sisanya di satu RW," pungkasnya. (IB)