Pemdes Margaluyu Siapkan Daya Dukung TMMD -->

Adsense




Pemdes Margaluyu Siapkan Daya Dukung TMMD

87 Online News
Minggu, 17 September 2017

PURWAKARTA – Pemerintahan Desa Margaluyu, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, telah menyiapkan sejumlah sumber daya pendukung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 yang akan digelar 26 September mendatang. Mereka menginginkan agar program TMMD itu bisa berjalan sesuai harapan meskipun untuk desa tersebut hanya sebagian kecil yang tersentuh program itu.

Hal itu diungkapkan Tatang, Kepala desa Margaluyu. Dikatakannya, beberapa persiapan pendukung yang telah dipersiapkan diantaranya lahan dan bangunan balai desa seluas 600 meter persegi untuk digunakan sebagai lokasi transit dan beberapa rumah masyarakat sebagai tempat singgah anggota TNI yang nantinya akan terlibat dalam sejumlah kegiatan fisik dan nonfisik.

"Tempo hari Pak Dandim sudah berkomunikasi dengan saya terkait program TMMD. Pada dasarnya kami sudah menyiapkan perangkat pendukungnya," ungkap Tatang.

Tidak hanya fasilitas tempat, lanjutnya, pihaknya juga telah mempersiapkan berbagai dukungan lain salah satunya, sumber daya manusia (SDM).

"Sudah disiagakan sebanyak 100 orang warga. Mereka nantinya akan di ikutsertakan dalam berbagai kegiatan fisik, seperti pembangunan jalan. Perbantuan warga ini dibuat dengan sistem shift, artinya tidak seratus orang harus terlibat dalam satu kegiatan. Melainkan digilir dan dibagi menjadi sepuluh kelompok, masing-masing kelompok terdiri dati 10 orang warga," tutur Kades Margaluyu.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menghemat energi, karena pekerjaan dalam program TMMD cukup berat. 

"Pastinya digilir, jangan semuanya dilibatkan dalam satu waktu kegiatan. Kami juga berharap agar TNI terus berkoordinasi dengan Pemerintahan desa sebelum pelaksanaan TMMD dimulai,"pungkasnya. (Red)