Pembongkaran Lapak PKL Di Jalur Puncak Tahap Pertama Berjalan Lancar -->

Adsense




Pembongkaran Lapak PKL Di Jalur Puncak Tahap Pertama Berjalan Lancar

87 Online News
Selasa, 05 September 2017

CISARUA - Sebagai langkah awal rencana pelebaran Jalan Raya Puncak Kabupaten Bogor, ratusan lapak milik pedagang kaki lima (PKL) yang berada disepanjang Jalur Puncak hari ini, Selasa (05/9/17) mulai di bongkar.

Pantauan dilokasi, pembongkaran dilakukan sejak pukul 08.00 wib, dimulai dari simpang Taman Safari hingga Simpang Gadog dengan melibatkan Satpol PP Kabupaten Bogor mendapat pengawalan ketat dari anggota Kepolisian Polres Bogor, anggota TNI dan unsurvpetugas keamanan dari masing-masing kecamatan. Proses pembongkaran berjalan dengan lancar tanpa ada perlawanan dari para pemilik lapak, bahkan sejumlah pedagang membongkar lapaknya sendiri secara sukarela.

"Kalau dibongkar sendiri, barang-barang dagangan masih bisa kami bawa pulang," ujar Ade Hilman, salah seorang pedagang buah-buahan, kepada wartawan dilokasi pembongkaran.

Sementara itu, Camat Cisarua Bayu Rahmawanto mengatakan, PKL Puncak sebelumnya telah berkomunikasi baik dengan pihak pemerintah sehingga tidak ada upaya unjuk rasa. 

"Pemerintah sendiri telah menyiapkan tempat penampungan sementara di wilayah Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak, sebagai tempat berjualan 150 PKL," jelasnya.

Menurutnya, pembongkaran yang dilakukan pada tahap pertama hanya untuk bangunan liar. "Untuk pembongkaran bangunan berstatus hak milik akan dilakukan pada tahap selanjutnya, setelah dilayangkan surat peringatan dan penggantian harga tanah,"kata Bayu Rahmawanto menambahkan.

Terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor Jona Sijabat mengatakan relokasi bakal dilakukan secara bertahap. Pihaknya juga telah mendata jumlah PKL yang terdampak pembongkaran.

"Semua PKL yang terkena pembongkaran sudah kami lakukan pendataan. Untuk PKL yang belum mendapat lahan, akan kami data dan tunjuk koordinatornya," kata Jona.

Berdasarkan rencana awal, Pemerintah Kabupaten Bogor bakal merelokasi para PKL yang terkena gusur ke tiga tempat, yakni Rest Area PT Sumber Sari Bumi Pakuan (SSBP), Taman Wisata Matahari (TWM), dan The Ranch Hotel. (Tadin)